N3, Padang ~ Museum merupakan suatu tempat untuk menyimpan benda-benda yang bersejarah yang di peruntukan bagi masyarakat umum. Museum juga merupakan Kenangan yang tersisa dari peristiwa-peristiwa yang telah terjadi di masa lalu untuk mengingatkan pada generasi selanjutnya.

Sejarah sebagai ilmu yang wujudnya memberikan pengertian tentang masa lalu mempunyai kedudukan yang penting dalam kehidupan manusia. Ia mengungkapkan cita-cita, peristiwa-peristiwa, perjuangan,tokoh tokoh, situasi-situasi dan lembaga-lembaga yang mempunyai arti yang perlu di ingat, dipahami dan dipedomani oleh generasi-generasi mendatang. Tanpa pengertian dan pemahaman yang baik tentang masa lalu, generasi berikutnya akan mudah diombang-ambingkan oleh berbagai cita-cita, peristiwa-peristiwa, tokoh-tokoh dan situasi dunia modern yang penuh Pertentangan.

Bela Negara adalah sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, dalam upaya mempertahankan kelangsungan hidup bangsa dan negara.

Upaya mempertahankan kelangsungan hidup bangsa dan negara sebagai nilai dasar bela negara mencakup cinta tanah air, sadar berbangsa dan bernegara, yakin pada Pancasila sebagai ideologi negara, rela berkorban untuk bangsa dan negara serta memiliki kemampuan awal bela negara.

Memperingati Hari Bela Negara yang merupakan sebuah peristiwa sejarah dimana Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melalui Keputusan Presiden Nomor 28 tahun 2006 , telah menetapkan tanggal cikal bakal berdirinya Pemerintah Darurat Republik Indonesia (PDRI), 19 Desember sebagai Hari Bela Negara.

Peringatan Hari Bela Negara tahun 2016 di Kota padang, Salah satunya di adakan di Museum Adityawarman. Jl. Diponegoro, Belakang Tangsi, Padang Barat, Sumatera Barat (20 Desember 2016 ). Dalam rangkaian peringatan di isi dengan sebuah kegiatan Lomba Karya Tulis dan bentuk kegiatan positif lainnya yang di ikuti baik para pelajar ataupun masyarakat umum di Aula Museum Adityawarman. 

Perlombaan yang bertemakan Cinta Museum Bela Negara tersebut di adakan guna menggali kembali dan mengingatkan kembali nilai-nilai sejarah yang telah diabadikan di Museum Adityawarman yang mana mungkin saja sudah banyak di lupakan oleh masyarakat. Semoga dengan adanya kegiatan positif tersebut menjadikan kita sebagai warga negara yang bermoral baik di generasi kedepannya ,cinta akan tanah air kita, dan dapat berguna baik bagi bangsa maupun negara. mond
 
Top