N3, Makassar ~ Presiden Joko Widodo telah menyerahkan sejumlah nama calon duta besar Republik Indonesia yang baru kepada DPR. Hal tersebut terungkap melalui tanya jawab dengan sejumlah jurnalis usai melepas ekspor kacang mete di pabrik PT. Comextra Majora, Makassar, pada Sabtu, 26 November 2016.
 
"Sudah. Sudah diserahkan ke DPR," jawabnya.
foto : int
 
Presiden kemudian memastikan bahwa nama-nama tersebut datang dari latar belakang yang beragam. Peneliti ialah termasuk salah satu di antaranya. Demikian seperti dilansir dalam siaran pers Kepala Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden, Bey Machmudin.
 
"Banyak, macam-macam. Ada yang dari profesional, peneliti, ada yang karier dari Deplu sendiri, ada mantan menteri, ada dari Setpres (Sekretariat Presiden). Semuanya," terangnya.
 
Untuk diketahui, salah satu nama yang dicalonkan presiden tersebut, yakni Darmansjah Djumala, saat ini masih menjabat sebagai Kepala Sekretariat Presiden. Ditanyakan oleh para jurnalis mengenai siapa penggantinya kelak, presiden menyebut bahwa untuk saat ini semua calon duta besar tersebut masih harus menjalani tes uji kelayakan terlebih dahulu di DPR.
 
"Belum, ini masih fit and proper test, menunggu dari DPR," ujarnya.
 
Dalam nama-nama tersebut, sebanyak 23 nama telah diajukan kepada DPR untuk diproses lebih lanjut. (Humas Kemensetneg)
 
Top