N3, Padangpanjang, Untuk pertama kalinya digelar Rapat Koordinasi Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) Pemkab/ko se Sumatera Barat dalam rangka menyamakan persepsi Satlinmas berbasis kearifan lokal di nagari, Kamis malam (17/11/2016). Hadir dalam kesempatan itu Wakil Walikota Padang Panjang dr. Mawardi, Ka Badan Satpol PP Sumbar, Nazwir,SH.M. Hum , Kasatpol PP Pemkab/ko se Sumatera Barat serta kabid-kabid Satlinmas.
 
Gubernur Irwan Prayitno dalam kesempatan itu menyampaikan perlu Rakorda ini sebagai upaya menyamakan persepsi terhadap satlantas berbasis berbasis kearifan lokal di nagari.
 
“ Saat ini ada dihalang di Kota Pariaman yang ditempatkan di objek wisata, ada pencalang di Bali dan Linmas di Dhamasraya dan sebuatkan lain pada beberapa daerah. Hal ini perlu kita samakan persepsi sehingga mudahkan dalam nomenklatur juga memudahkan kepercayaan masyarakat yang dilayani”, katanya.
 
Gubernur  Irwan Prayitno juga memberikan apresiasi kegiatan rapat koordinasi yang didanai secara bersama Satpol PP se Sumatera Barat.
 
“ Dilokasi wisata Mifan yang asik, ini patut diberikan apresiasi moga moga Rakorda Satlinmas mendapat keputusan dan kesepakatan yang baik bagi kemajuan Satlinmas Sumbar dimasa datang.  Kita juga berharap bagaimana Satlinmas mampu beraktifitas dengan baik dan memberikan bukti dengan prestasi kerja ditengah masyarakat , atas keamanan, ketertiban dan kenyamanan hidup masyarakat”.
 
“ Jika ada isu atau gejolak Satlinmas segera dapat dilakukan tindakan prefentif dengan koordinasi semua pihak baik dengan provinsi maupun dengan pemkab /ko terdekat .  Jadikan kesepakatan Satlinmas sebagai lembaga maupun dalam arti maknanya keberadaannya, sehingga dapat diterima dan masyarakat merasa nyaman serta bersahabat,” himbau gubernur Irwan Prayitno.
 
Irwan Prayitno juga mengajak Satpol PP untuk selalu menjaga kebugaran fisik dalam bertugas, dengan melakukan olahraga beladiri secara aktif, karena tugas-tugas dilapangan membutuhkan kestabilitas pemikiran dan daya tahan karena memang beradu fisik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.
 
Kemudia Satpol PP  sebagai pertugas Sapu Bersih Pungli juga merupakan garda terdepan pemerintah dalam memberantas pungli dalam penyelenggaraan pemerintah di Sumatera Barat. Kita berharap semua pungutan liar dalam pelayan yang diberikan pemerintah kepada masyarakat, baik yang dilakukan perorang oknum maupun secara bersama mesti kita berantas , karena menghambat kemajuan pembangunan di daerah ini, pinta Irwan Prayitno. Hms
 
Top