N3, Padang ~ Festival musik ritual ini merupakan apresiasi dari UNP untuk kesenian musik ritual dan budaya yang ada di Indonesia dimana peserta berasal dari Malaysia, Iran, dan Indonesia (diantaranya Suarasama Medan, Bireun Aceh, Riau, Bengkulu, Pasundan, dan Javaraga Bali). Festival ini diikuti oleh 13 kelompok musik dengan total personil 110 orang, ucap Winra Yandri selaku ketua panitia dalam laporannya.
 
Dekan Fakultas Bahasa dan Seni UNP M. Zaim mengatakan kegiatan ini merupakan rangkaian dari peringatan Diesnatalis UNP ke-62 yang jatuh pada tanggal 1 September 2016.

Kegiatan ini merupakan festival musik ritual pertama kali yang diadakan di Indonesia dan Sumatera Barat.

Kedepannya pada tanggal 1-3 September akan dijadikan agenda tetap penyelenggaraan UNP World Ritual Music Festival,

"Semoga kegiatan ini dapat mempererat silaturahmi para pemusik, mengembangkan dan mempopulerkan musik ritual serta menarik kunjungan wisatawan ke Sumatera Barat khususnya", ucap M Zaim.

Dengan menjadikan kegiatan ini sebagai agenda rutin diharapkan pemerintah dapat menjadikan momen ini sebagai upaya peningkatan wisata budaya di Sumatera Barat.

Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit dalam sambutannya mengatakan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat sangat pendukung kegiatan UNP World Ritual Music Festival ini, apalagi kegiatan ini merupakan pertama kalinya diadakan di Indonesia dan berskala Internasional.

"Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke Sumatera Barat", ucap Nasrul Abit.

Sumatera Barat tengah mengembangkan wisata halal serta wisata syariah. Semoga kegiatan ini dapat terus dikembangkan sehingga dapat memancing jumlah wisatawan muslim ke Sumatera Barat.

Wakil Gubernur Sumatera Barat mengatakan Sumatera Barat saat ini masuk dalam nominasi destinasi pariwisata halal nasional 2016 bersama Aceh dan Malang.

"Mari kita masyarakat Sumatera Barat memberikan suara dengan mem-voting di website www.halaltourism.id", himbau Nasrul Abit. 
 
Kepada mahasiswa Wakil Gubernur Sumatera berharap untuk dapat aktif dalam mempromosikan pariwisata yang ada di Sumatera Barat ke seluruh dunia.
 
Top