N3, Sumbar ~ Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno ikut serta meramaikan adventure trabas jelajah nagari daerah lembang jaya jilid 2 (Jendela'2) di Batu Bajanjang, Bukit Sileh, Lembang Jaya, Kabupaten Solok. Ini merupakan kali kedua gubernur Sumbar menjajal medan extreme di Kabupaten Solok setelah sebelumnya menjelajah Bukit Cambai, di Nagari Simpang Tanjung Nan IV, Kecamatan Danau Kembar, Kabupaten Solok, Minggu lalu (28/8).

Jendela'2 di ikuti ribuan peserta dari berbagai komunitas trabas adventure yang ada di Sumbar, termasuk komunitas trabas Gubernur bernama Sumbar 1. Untuk rute yang dilewati panjang hampir sama, namun lebih extreme, kata Bupati Solok, Gusmal usai pembukaan Jendela'2, Minggu (4/9). 

Ia menambahkan, untuk track akan mengarungi lintasan ekstrim tetapi menyimpan pesona di kawasan-kawasan antara Nagari Bukit Sileh Salayo Tanang dan Batu Bajanjang, Kecamatan Lembang Jaya. Dari kawasan ini lintasan motor trabas bisa menghubungkan kawasan Danau Diatas untuk selanjutnya terhubung ke Bukit Cambai. "Dengan Jendela'2 merupakan peluang Kabupaten Solok dalam mempromosikan wahana potensi objek wisata alam," ujar Gusmal. 

Tambahnya, kegiatan ini untuk mengembangkan olahraga petualangan trabas ini, menjadikan cita-cita Kabupaten Solok sebagai wilayah destinasi wisata di Sumbar akan lebih terbuka. Gusmal sangat optimitis lantaran pemerintah provinsi Sumbar merespon dengan baik.

"Kedepannya, orang datang kesini bukan hanya ada kegiatan turnamen. Tetapi datang kesini setiap waktu. Sehingga nanti ada sebuah track khusus untuk menikmati Gunung Talang, karena dari sini kawasan kabupaten dan kota solok dapat terlihat. "Sekitar 50 persen dapat dilihat dari sini, apalagi disaat malam hari," tuturnya.

Sementara itu, Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno mengatakan, dengan ada kegiatan trail adventure yang diadakan oleh komunitas trail Kabupaten Solok bersama Pemkab Solok dapat menjadi promosi pariwisata, sehingga menjadikan Kabupaten Solok salah satu destinasi, dikarenakan disini memiliki potensi wisata alam yang indah.

Menurutnya, dengan adanya kegiatan turnamen adventure trabas, upaya untuk mengali dan memperkenalkan objek wista alam yang ada di Kabupaten Solok akan lebih diminati para wisatawan baik dalam maupun luar negeri.

Ia menambahkan, pariwisata di Sumbar menjadi sebuah program unggulan, karena dapat mengentaskan kemiskinan dan pengangguran. "Ini sudah menjadi bukti di Indonesia, karena setiap daerah yang lebih mengutamakan wisata, akan berdampak kepada tingkat kemiskinan dan pengagguran yang rendah, begitupun di luar negeri," terang Irwan. Zrd
 
Top