N3~Kita tahu bahwa banyak pekerjaan dan tanggung jawab di rumah yang dijalani seorang Ibu. Banyaknya pekerjaan kerap membuat tekanan bagi sang ibu. Maka dari itu, ada baiknya melibatkan dan mengajak anak sebagai rekan ibu menjalankan sejumlah tanggung jawab dan pekerjaan di rumah dalam membentuk kebiasaan baik pada si anak.

Menurut Psikolog klinis anak Vera Itabiliana Psi, membentuk kebiasaan baik pada anak sebaiknya dimulai sedini mungkin, salah satunya dapat dilakukan dengan berbagi tanggung jawab di rumah. Sebab, sekecil apapun tanggung jawab yang diberikan kepada anak, ibu telah menempatkan anak sebagai mitranya, memberikan kepercayaan dan perhatian pada anak. Selain melatih anak memiliki rasa tanggung jawab, tugas dan tekanan yang dirasakan lbu secara tidak langsung juga akan berkurang.

"Saat kebiasan itu tercipta dengan sendirinya akan ada pembagian tanggung jawab kepada anak. Anak pun merasa bahagia karena telah mendapat atensi dari ibu, si anak juga merasa bangga karena telah dilibatkan membantu lbu," ungkap Vera di sela peluncuran kampanye #mommylittlepartner di Jakarta, Rabu (10/8) silam.

Vera menambahkan, saat sinergi antara ibu dan anak tercipta timbul rasa bangga oleh Ibu. Ketika anak ikut terlibat dalam membentuk kebiasaan baik di rumah. Sebagai tambahan, saat Ibu berbagi tanggung jawab dengan anak, Ibu akan memperkuat bonding dengan anak anaknya. Saat anak sudah mampu menjadi partner Ibu, sebaiknya lbu tidak lupa untuk memberikan apresiasi atas upaya yang sudah dilakukan. Dengan demikian, anak akan terlatih untuk menerima tanggung jawab yang lebih besar lagi, tambah Vera.(Amoore)
 
Top