N3~Sejarah tercipta di ajang sepakbola Olimpiade Rio 2016, saat Neymar mencetak gol ketika pertandingan baru berjalan 14 detik. Gol ini merupakan gol tercepat dalam sejarah Olimpiade, bukan hanya itu gol Neymar mengantar Brasil mencapai partai puncak setelah mengandaskan Honduras 6-0. Dalam laga itu Neymar berhasil mencetak dua gol.

Dilaga final Brasil akan bersua Jerman setelah tim Panser mengandaskan Nigeria dengan skor 2-0. Romansa final ini mengingatkan pada kenangan pahit Brasil di Semifinal Piala Dunia 2014 kala dilibas dengan skor  cukup telak,1-7.

Gol striker Barcelona itu sangat unik, karena sebelum Neymar mencetak gol, tak satu pun pemain Brasil yang sempat menyentuh bola. Neymar mencuri bola dari kaki Palacios dekat kotak penalti begitu kick-off dilakukan lalu menyerbu ke gawang lawan dan tak bisa dihentikan.

Meski bola sempat mengenai badan kiper Luis Lopez yang berlari keluar untuk mengamankan gawangnya, namun bola memantul ke Neymar dan masuk gawang.

Pemain anyar Manchester City Gabriel Jesus berhasil menjebol gawang Honduras dua kali, Marquinhos dan Luan mencetak satu gol lewat tendangan jarak dekat, dan kemudian Neymar menambah koleksi golnya dengan penalti di injury time setelah Palacios menjatuhkan Luan.

Penampilan Brasil yang kurang ciamik dalam laga pembuka Olimpiade, membuat Neymar dkk,  sempat dicemooh para pendukungnya sendiri karena melewati dua laga awal tanpa gol melawan Afrika Selatan dan Irak.

Namun setelah melewati babak penyisihan grup penampilan Brasil semakin trengginas. Ini merupakan final keempat Brasil di ajang Olimpiade setelah ditahun 1984,1988 dan 2012 dimana mereka mencapai final namun gagal meraih emas. Ini momen terbaik Brasil untuk meraih emas. Namun romansa kelam di semifinal Piala Dunia 2014 masih menghantui Brasil. Apakah Brasil mampu menuntaskan dendamnya terhadap tim Panser Jerman nanti dan meraih emas dari cabang sepakbola dirumahnya sendiri, semua tergantung dalam laga yang akan tersaji apik Sabtu malam atau Minggu dini hari nanti.(Alang)
 
Top