N3, Solok ~ Dari atas puncak Bukit Cambai, Alahan Panjang, Kabupaten Solok merupakan satu-satu didunia destiniasi wisata, dimana wisatawan dapat memandang empat danau dan empat gunung sekaligus yakni, danau singkarak, atas, bawah dan talang, serta gunung talang, kerinci, merapi dan singgalang, hal itu di katakan Bupati Solok, Gusmal saat menerima rombongan tim trabas sumbar1 pimpinan Bapak Gubernur, Irwan Prayitno dan trabas Kabupaten Solok, dikomandoi Wakil Bupati Kabupaten Solok, Yulfadri Nurdin, Minggu (28/8).

Ia menambahkan, telah hadir Bapak Gubernur ke Bukit Cambai untuk merasakan keindahan Kabupaten Solok dengan melaksanakan kegiatan trabas bersama timnya, dapat menjadi suatu daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung ke Kabupaten Solok, selain itu, bukit campai dapat menjadi salah satu destinasi wisata menawan setalah Mandeh, Pesisir Selatan.

"Bukit cambai akan menjadi fokus pemerintah Kabupaten Solok, karena program pemerintah provinsi yang sedang mengiatkan pariwisata untuk menarik wisatwan berkunjung ke Sumbar,"ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno mengatakan, pariwisata di Sumbar menjadi sebuah program unggulan, karena dapat mengentaskan kemiskinan dan pengangguran. "Ini sudah menjadi bukti di Indonesia, karena setiap daerah yang lebih mengutamakan wisata, kemiskinan dan pengagguran rendah, begitupun di luar negeri," terang Irwan.

Tambahnya, potensi wisata di Sumbar masih banyak yang belum tergali dengan maksimal, termasuk saat ini di Kabupaten Solok. Di Kabupaten Solok masih banyak potensi yang belum tergali secara maksimal contoh bukit cambai, sebuah spot yang dapat memandang empat danau dan empat gunung saat cuaca cerah. "Saya langsung dapat melihat sendiri pesona keindahan tersebut, ini potensi besar karena untuk melihat empat danau dan empat gunung itu hanya dapat dilihat disini dan tidak ada ditempat lain,"tuturnya.

Ia menambahkan, pesona Bukit Cambai, harus ditata dengan baik mulai dari segi insfrastruktur, bahkan dilokasi tersebut dapat dibangun resort, rest area, retoran bahkan villa sehingga menambah daya tarik wisatawan untuk berkunjung.

Sambungnya, saat ini setiap daerah kab/kota sudah berlomba-lomba untuk membangun daerah wisata sebagai program unggulan, sehingga Pemprov Sumbar akan terus mendukung pengembangan pariwisata.

Selain melaksanakan trabas Gubernur juga menandatangani prasasti pencanangan bukit cambai sebagai destinasi unggulan di Sumbar.

Bukit cambai terletak di Nagari Simpang Tanjung Nan IV, Kecamatan Danau Kembar, Kabupaten Solok dari Padang dapat menempuh jarak 2 jam menuju lokasi tersebut. Sangat cocok untuk wisata trekking dengan tingkat kesulitan yang rendah, serta ditambah udara yang sejuk. Dari jalan raya Bukit Cambai ini terlihat berbentuk bukit seperti bukit dalam film Teletubbies. Zrd
 
Top