N3, Padang ~ Program Pesantren Ramadhan 1437 H/ 2016 M di Kota Padang, telah dibuka dan serentak dilaksanakan pada Minggu (12/6). Selain pelaksanaannya di masjid dan mushala, tahun ini di Kota Padang masih menetapkan 4 sekolah sebagai pilot project yang melaksanakan Pesantren Ramadhan di sekolahnya masing-masing. Diantara keempat sekolah itu yakni SMA I, SMA 3, SMA 10 dan SMK 2 Padang.

“Keempat sekolah tersebut tahun ini tetap melakukan Pesantren Ramadhan di sekolahnya masing-masing. Alasannya menjadi percontohan karena sekolah tersebut dilengkapi fasilitas dan sumber daya yang memadai,” sebut Walikota Padang, H. Mahyeldi Dt Marajo kepada wartawan usai membuka Pesantren Ramadhan di SMA I Padang.

Mahyeldi melanjutkan, manfaat pesantren di sekolah yaitu agar siswa lebih terpantau dan kehadirannya bisa terus menerus begitupun dengan para guru. Sebagaimana sebut Mahyeldi, Pesantren Ramadhan tahun ini memfokuskan pada upaya peningkatan iman dan akhlak berbasiskan alquran dan hadits.

"Jadi dari tahun ke tahun kita terus mencoba melakukan evaluasi dan upaya-upaya peningkatan seperti memunculkan formula-formula yang baru. Sehingga melalui pesantren Ramadhan diharapkan menghasilkan generasi muda yang berkualitas, cerdas secara spritual, emosional, dan intelektual,” tukas Walikota agamis tersebut bersemangat.

Dalam pembukaan Pesantren Ramadhan 1437 H di SMA 1, juga dihadiri Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno selaku pemberi tausyah, Ketua DPRD Padang, Erisman, Wakil Ketua DPRD, Muhidi serta unsur terkait lainnya. (David / Faisal / Bustam)
 
Top