N3, Padang - Ketua DPRD Kota Padang Erisman menghimbau kepada umat muslim yang ada di Kota Padang agar tidak terlalu bereforia dalam melakukan balimau pada hari minggu (5/6) ini.

Kegiatan Balimau ketika memasuki bulan suci ramadhan merupakan suatu tradisi yang sepertinya susah untuk di hilangkan oleh masyarakat Kota Padang, bahkan di daerah lainnya.

Dikatakan bahwasanya tradisi balimau ini sudah ada dilarang oleh walikota karena dalam hal ini lebih banyak mudhoratnya dari pada manfaatnya. Lebih parah lagi ketika melakukan balimau sampai membuka aurat, ini sangat salah. Seharusnya hal ini tidak dilakukan lagi oleh masyarakat," ujar Erisman, Sabtu(4/6).

Saat ini momen balimau lebih dimanfaatkan pasangan muda - mudi dengan eforianya kongko - kongko pergi bersama. Juga banyak terjadi hal yang tidak di inginkan ketika melakukan prosesi balimau di tempat - tempat pemandian,"katanya.

Lanjutnya momen balimau itu sendiri adalah bersuci diri membersihkan dari segala hadast.
Jadikanlah momen balimau itu benar - benar mensucikan diri.

Sebagai Ketua DPRD Kota Padang menghimbau kepada masyarakat Kota Padang yang masih meyakini bahwa tradisi balimau ditempat - tempat terbuka seperti di pantai, aliran sungai atau pemandian, di harapkan momen ini jangan sampai menjadi musibah yang akan merugikan diri sendiri bahkan menimbulkan korban jiwa,''ungkap Erisman.(M7)
 
Top