N3, Padang ~ Pemerintah Kota Padang melaksanakan Peringatan Nuzul Quran 1437 H, Jumat (24/6). Kegiatan yang dilaksanakan di Mesjid Nurul Iman tersebut dihadiri oleh Walikota Padang, Sekretaris Daerah, Asisten, Kepala SKPD dan seluruh jajaran Pemerintah Kota Padang hingga kelurahan.

Pada kesempatan tersebut Walikota Padang, H. Mahyeldi Dt Marajo mengatakan bahwa saat ini gairah membaca dan menghafal Al Quran di tengah masyarakat Kota Padang cukup tinggi. Hal ini dibuktikan dengan semakin banyaknya jumlah penghafal Al Quran. Selain itu kualitas hafalan para penghafal (hafiz) tersebut juga semakin baik.

“Alhamdulillah saat ini terjadi kegairahan di masyarakat Kota Padang untuk membaca dan menghafal Al Quran. Mudah-mudahan ini akan semakin meningkat disertai dengan pengamalan dan implementasinya dalam kehidupan sehari-hari," ujar Walikota Padang, H. Mahyeldi Dt Marajo.

Menurut Wako, Alquran merupakan pedoman bagi manusia. Manusia memiliki akal, fisik, dan ruh. Maka oleh sebab itu, Al Quran merupakan pedoman bagi akal manusia dalam cara berfikirnya. Untuk fisik, Al Quran merupakan pedoman bagi manusia agar fisiknya terjaga, terpelihara, dan sehat. "Dan untuk ruh, Al Quran akan membimbing ruh manusia menjadi ruh yang muthmainnah. Ruh yang baik tentunya,” terang Mahyeldi.

Mahyeldi menekankan, sebab itu seluruh komponen tubuh manusia harus menjadikan Al Quran sebagai pedoman. Ketika Al Quran tidak dipedomani maka ketika itulah derajat sebagai manusia akan turun. "Bahkan bisa berada pada derajat yang paling rendah ketika kita meninggalkan Al Quran, ketika kita jauh dari Al Quran,” jelasnya.

Wako berharap, lewat peringatan Nuzul Quran kali ini akan meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan pengamalan Al Quran dalam keseharian. "Selain itu dari hari ke hari terjadi peningkatan kepedulian dan perhatian masyarakat untuk membaca dan menghafal Al Quran,” tutupnya.(Charlie / Mursalim)
 
Top