N3, Padang ~ Peristiwa gempa bumi yang baru saja terjadi yang berkekutan 6,5 SR, Lok: 2.29 LS,100,4 BT (79 KM Barat Daya Pesisir Selatan Sumbar)  Kedalaman 72 KM berpusat di Painan pada pukul 5:56:01 WIB, goyangannya sangat dirasakan sekali di Kota Padang.

Terkait peristiwa ini, "anggota Komisi IV DPRD Kota Padang, Dewi Susanti menyampaikan, dengan kondisi yang saat ini di Sumatera Barat sering terjadi gempa, ia meminta kepada dinas terkait agar  dapat melakukan pengecekkan terhadap lokasi - lokasi lereng perbukitan yang disinyalir bisa berpotensi longsor pasca gempa dan hujan lebat yang akhir - akhir ini sering mengguyur di Kota Padang,"katanya, Kamis (2/6).

Diharapkan Dinas terkait juga harus melakukan pengecekkan pada Sirine alat deteksi stunami ,apakah alat itu berfungsi atau tidak. Serta shelter di jalur evakuasi harus tetap siap siaga kapanpun.

Lanjutnya, dengan kondisi yang rawan gempa ini, kepada pengembang rumah atau masyarakat yang akan membangun, gunakanlah bahan bangunan yang tahan gempa. Semua itu juga bertujuan ketika terjadi gempa besar akan meminimalisir terjadinya korban akibat reruntuhan bangunan, apalagi bangunan bertingkat,"ujarnya.

Kemudian bagi masyarakat, ia mengimbau agar jangan terlalu panik ketika terjadi gempa yang cukup besar. Carilah tempat yang aman terlebih dahulu, jika memang benar berpotensi stunami carilah jalur - jalur evakuasi yang sudah ada di tiap kecamatan di Kota Padang.


Terakhir disampaikan semoga dalam memasuki bulan suci ramadhan 1437 H 2016M ini Kota Padang di jauhkan dari segala bencana alam yang berdampak buruk bagi semuanya. Selaku anggota dewan dirinya mengajak masyarakat agar selalu waspada karena kapanpun becana itu datang semuanya tidak ada yang tahu,"ungkap Dewi Susanti.(M7).

 
Top