N3, Padang ~ Pengurus Kota (Pengkot) Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Padang mendirikan sekolah catur (chess school) yang bakal menampung bibit-bibit pemain catur berbakat untuk dilatih dan diorbitkan dalam berbagai kejuaraan nantinya. Disebut-sebut, Chess School Padang ini merupakan sekolah catur pertama di Indonesia yang dikelola dan diurus sendiri pengkot Percasi.

"Sekolah catur yang dimiliki Pengkot Percasi Padang ini menurut saya yang pertama di Indonesia, Jadi wajar jika kita berharap dari Kota Padang akan lahir master-master catur yang mampu membawa harum nama daerah di berbagai kejuaraan catur," kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Kota Padang Suardi Junir saat didaulat mewakili Walikota Padang meresmikan beroperasinya "Chess School Padang" di kawasan GOR H. Agus Salim Padang, Selasa (24/5).

Menurut Suardi, kehadiran sekolah catur di Kota Padang akan menambah pusat kegiatan positif bagi generasi muda di Kota Padang. Terlebih saat ini Pemko Padang sedang giat-giatnya memajukan kegiatan olahraga. Sebab, dengan berolahraga setidaknya bisa menghindarkan generasi muda dari pengaruh-pengaruh negatif. Seperti kecanduan narkoba, pergaulan bebas dan aksi tawuran antar pelajar. Selain itu, Kota Padang juga akan menjadi tuan rumah berbagai iven olahraga pada bulan-bulan mendatang. Seperti Kejuaraan Perahu Naga Internasional (Dragon Boat), Festival Pencak Silat Internasional dan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumbar.

“Target kita, tentu tidak hanya sukses sebagai penyelenggara semata tapi sukses pula di bidang prestasinya. Apalagi dalam waktu dekat, Pengkot Percasi Padang juga akan menggelar Kejuaraan Catur antar Kota se-Asia. Mari kita dukung bersama-sama demi semaraknya iven olahraga di Kota Padang tercinta ini,” ujarnya.

Hadir pada kesempatan itu Ketua Umum Pengprov Percasi Sumbar, Wahyu Iramana Putra, Ketua Umum Pengkot Percasi Padang, Syafril Basyir, Ketua Umum Pengkot IPSI Padang, Zulhardi Z Latif dan segenap insan catur se-Kota Padang.

Ketua Umum Pengkot Percasi Padang, Syafril Basyir dalam sambutannya mengatakan, prestasi olahraga catur Kota Padang makin hari terus meningkat. Hal itu terbukti dengan munculnya tujuh pecatur handal yang memiliki label master nasional.

“Insya Allah, dengan tujuh pecatur handal yang kita miliki tersebut, kami optimis cabang catur akan mampu menyumbangkan sedikitnya lima emas untuk Kontingen Kota Padang di Porprov Sumbar nanti,” ucapnya optimis.(DU/Yz)
 
Top