Menpora RI Imam Nahrawi Buka Porprov XIII Sumbar 2014

Nusantara~Walau diguyur hujan lebat Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XIII Sumatera Barat Selasa malam (16/12) tetap dibuka Menpora RI Imam Nahrawi yang didampingi Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno dan Bupati Dharmasraya H Adi Gunawan di Stadion Utama Gelanggang Olahraga Dharmasraya, Sumatera Barat. Pembukaan ditandai dengan penekanan tombol sirine, hadir Wakil Walikota Padang Ir.H.Emzalmi, M.Si, dan Sekda Kota Padang Drs.H. Nasir Ahmad,MM.

Hujan deras mengguyur Stadion Utama Gelanggang Olahraga Dharmasraya tidak menjadi rintangan proses pembukaan pesta olahraga tingjkat Sumbar itu. Semangat kontingen 19 Kabupaten/Kota untuk mengikuti devile kontingen tetap berjalan, namun haya yang tinggal dilapangan satu dan dua orang di lapangan. Kota Padang yang menyandang predikat juara umum Porprov XII memiliki kekuatan penuh dengan menurunkan 628 atlet, dengan target mempertahankan gelar juara umum.

Sedangkan tim tuan rumah Dharmasraya, walau menyandang predikat kabupaten baru, tapi bertekad menjadi tuan rumah yang baik, mengutus 650 atlet. Tapi yang meraik pada malam devile tersebut, atlet Kota Sawahlunto memakai sepatu produksi sendiri yang katanya bertujuan dipromosikan sepatu resmi even olahraga nasional maupun internasional.

Menpora RI menyampaikan, kehadiran membuka Porprov ke XIII ini ada beberapa alasan, pertama karena Dharmasraya sudah meninggalkan kategori daerah tertinggal menjadi daerah maju sejajar daerah lain di Sumatera Barat. "Sumbar menjadi salah satu penentu kelanjutan keberadaan bangsa Indonesia dengan Pemerintah Darurat RI saat perjuangan menegakkan kemerdekaan serta banyaknya tokoh bangsa dari Sumbar.

Selain itu, Sumbar juga banyak menyumbangkan atlet nasional, penyumbang medali emas yang handal. Dan selamat kepada Dharmasraya yang berani menjadi tuan rumah Porprov ke XIII, walau kabupaten baru. Selamat berjuang kepada seluruh atlet, jaga sportivitas dan tetap jalin persahabatan dan persaudaraan, pesan Menpora RI.

Sedangkan Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno juga memberikan apresiasi kepada Bupati Dharmasraya dan jajarannya, wakau kabupaten baru dengan APBD 800 miliar/tahun mampu membangun stadion yang megah, luar biasa tanpa bantuan dari manapun, semoga sukses menyelenggarakan pesta olahraga ini.

"Sumbar sungguh-sungguh membina olahraga, Alhamdulillah di PON Remaja I di Kota Surabaya mampu meraih piala Kontingen Terbaik dan berhasil di posisi 5 di Indonesia. Sumbar juga berniat serius mengajukan diri sebagai tuan rumah PON 2024 semoga bisa ditunjuk oleh Menpora RI serta pemerintah pusat," pinta Gubernur Irwan.

Sementara Bupati Dharmasraya H Adi Gunawan juga menyampaikan ucapan selamat datang dan terima kasih atas kehadiran Menpora RI serta seluruh undangan serta atlet peserta Porprov XIII Sumbar dari 19 Kabupaten dan Kota. Dharmasraya sebagai kabupaten baru , hampir berusia 11 tahun, bertekad mensukseskan Porprov tingkat Sumbar ke XIII. Pada ajang pesta olah raga ini hendaknya bisa pula memunculkan bibit olahragawan baru dan berprestasi baik tingkat daerah, Provinsi hingga ke pentas nasional. Semoga para atlet Dharmasraya bisa memperlihatkan prestasi bergengsinya pada Porprov Sumbar ke XIII tahun 2014 ini.(mond/rel)
Previous Post Next Post