Sekretariat Timpora Kesbangpol Sarolangun Pulangkan 2 WNA Asal China


N3,SAROLANGUN - Sekretariat Tim Pemantauan Orang Asing (Timpora) Kesbangpol Sarolangun berhasil mendapati Dua Warga Negara Asing (WNA) asal China yang berada di desa Bukit Tigo, Kecamatan Singkut Kabupaten Sarolangun, pada Selasa (19/01/2021) kemarin.

Dalam pengecekan keberadaan Orang Asing tersebut dipimpin oleh Nurjanah, S.Pd selaku Kasi Penanganan Masalah Aktual Kesbangpol Sarolangun, beberapa staf Kesbangpol seperti Jhon Meri,SE,  Aidul Anhar selaku Tim lapangan Kesbangpol Sarolangun. Turut mendampingi Camat Singkut RA. Fatimah,S.APM, Kasi Trantib Kecamatan Singkut Maini, Kades Bukit Tigo Musaki, Kadus Dusun Tigo Al Fahmi, Ketua RT Dusun Tigo Supri, dan Mis selaku Pemilik Kontrakan.

Dari hasil yang didapat tim saat melakukan pengecekan identitas kedua WNA asal Cina tersebut, kedua WNA beridentitas, Mu.Hao, kelahiran Cina 14 Maret 1984, nomor Paspor E36261218, Liaoning 29 September 2014, Hellong Jiang 29 September 2024 dan Wu.Qiong  kelahiran Cina 01 Juli 1988, Nomor Paspor EH5599281, Liaoning 15 Oktober 2019, Heilong Jiang 14 Oktober 2029.



Saat mengkonfirmasi Kakan Kesbangpol Sarolangun Hudri mengatakan, jika keberadaan kedua WNA asal China tersebut di Desa Bukit Tigo, Kecamatan Singkut sejak satu bulan terakhir dengan tujuan bisnis kayu, namun terkendala karena pandemi Covid-19, sehingga kegiatannya vakum.

" Dari hasil pemantauan dan pengecekan jika mereka sejak satu bulan terakhir dengan tujuan bisnis kayu. Namun, lantaran Covid 19 sehingga kegiatan mereka vacum. Dari pemantauan itu juga diketahui jika kedua WNA tersebut disponsor atau yang memfasilitasi mereka adalah PT. Aksara Mandiri Indonesia," jelasnya.

Setelah melakukan pengecekan terkait dokumen keimigrasian yang bersangkutan dimana diduga sudah overlap, sehingga Timpora Kesbangpol Sarolangun melaporkan ke pihak Imigrasi Jambi untuk segera turun ke lokasi untuk melakukan penindakan sesuai UU keimigrasian.

" Pihak Imigrasi Jambi sudah turun dan sekitar pukul 20.30 WIB malam tadi sudah menjemput kedua WNA tersebut untuk dibawa ke Jambi," sebut Hudri.

Terakhir Hudri mengatakan jika pihaknya selaku Sekretariat Timpora akan terus memantau keberadaan orang asing yang ada diwilayah Kabupaten Sarolangun, dan dirinya juga meminta kepada masyarakat untuk segera melaporkan jika mengetahui keberadaan orang asing ditempatnya. Serta dirinya juga mengapresiasi pihak Imigrasi Jambi yang responsif dalam menerima laporan.

" Kita juga menghimbau kepada masyarakat, jika mengetahui keberadaan WNA ditempatnya untuk segera melaporkan ke pemerintah setempat. Sehingga kita bisa terus memantau keberadaan WNA yang masuk ke daerah kita," pungkasnya.

(SRF)

Post a Comment

Previous Post Next Post