Disnakkan Sarolangun Tingkatkan Pemantauan Hewan Qurban

N3,Sarolangun - Hari Raya Idul Fitri sudah kita lewati kini umat Islam akan menyongsong perayaan Idul Adha atau dikenal juga sebagai Hari Raya Qurban, yang diperkirakan akan jatuh pada tanggal 31 Juli 2020 mendatang.

Untuk menyongsong Idul Adha, Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Kabupaten Sarolangun akan segera meningkatkan kegiatan pemantauan terhadap hewan Qurban, seperti sapi, kerbau dan kambing, ini dilakukan guna memastikan kondisi hewan untuk kebutuhan Qurban di Sarolangun dalam keadaan sehat.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Sarolangun H.Masturo. Menurutnya, semua hewan kebutuhan Qurban untuk Idul Adha akan dilakukan pemeriksaan kesehatannya sampai hari H nanti.

" Yang pasti pas di hari H nanti kita dari Dinas akan menyebar untuk memeriksa kembali hewan Qurban tersebut," sebutnya.

Terkait jika pada hari H ada hewan Qurban tidak memenuhi syarat untuk Qurban atau kondisi tidak sehat, maka kita akan minta untuk ditukar.

" Yang pasti setiap hewan yang di Qurban pastilah yang terbaik," ujarnya.

Masih dikatakannya, berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, hewan Qurban yaitu sapi potong, kerbau dan kambing dari Sarolangun ada yang dikirim ke daerah lain untuk kebutuhan Qurban Idul Adha, seperti ke Kabupaten Merangi dan Kabupaten Batang Hari.

Untuk semua hewan Qurban yang dibawa ke luar daerah tersebut, Disnakkan akan mengeluarkan Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) yang diberikan kepada pedagang yang membawa hewan keluar Sarolangun.

" SKKH sangat diperlukan untuk memastikan sebelum disembelih, hewan tersebut dipastikan sehat dan kelayakannya," jelasnya.

Masih dikatakan H.Masturo, jika sekarang ini populasi untuk sapi potong di Sarolangun sekitar 9.858 ekor, Kerbau 9.016 ekor dan kambing 46.379 ekor. Dimana untuk sentra sapi potong di Kabupaten ada di beberapa kecamatan, yaitu Kecamatan Singkut dan Desa Bukit Suban Kecamatan Air Hitam.

" Sampai pertengahan tahun untuk populasi sapi potong 9.858 ekor, kerbau 9.016 ekor dan kambing 46.379 ekor. Yang sentranya di dua Kecamatan, yaitu Kecamatan Singkut dan Kecamatan Air Hitam," tandasnya.

(SRF)
Previous Post Next Post