Penguasa Bermental Pengusaha

Oleh: Zahra Aulia 
(Aktivis dakwah kampus  
dan member AMK4)  

Di Indonesia saat ini sedang terjadi huru-hara akibat  pandemi covid-19. Korbannya meningkat setiap hari. Tenaga medis yang menjadi garda terdepan dalam memerangi virus mematikan ini pun kekurangan APD. Namun, di tengah kondisi demikian pemerintah sibuk mendorong negeri ini untuk mengambil peluang menjadi produsen APD.    

Sebagaimana dilansir (jpnn.com, 27/03/2020), Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyatakan bahwa Indonesia punya peluang untuk menyuplai alat pelindung diri (APD) dan hand sanitizer bagi negara lain yang tengah dilanda pandemi. Alasannya, karena Indonesia punya pabrik dan infrastruktur barang yang dibutuhkan dunia itu.      
                                                                                Di sisi lain, Indonesia dalam keadaan membutuhkan APD. Bahkan menerima bantuan APD dari China. Namun yang mengagetkan, produk tersebut "made in Indonesia". Bukankah ini suatu hal yang aneh?   
            
Pemerintah harusnya mengutamakan kebutuhan rakyat, bukan sibuk mencari keuntungan dengan mengekspor barang yang sedang dibutuhkan di negara sendiri. Pemerintah harus bisa berkomitmen untuk menyetop ekspor APD, karena barang tersebut lebih dibutuhkan di dalam negeri.        
Pemerintah mengklaim kebutuhan alat pelindung diri (APD) dalam rangka penanganan Covid-19 seperti pakaian khusus, masker, hingga kaca mata pelindung, dapat dipenuhi oleh industri dalam negeri.                                                                                                                                        "Industri dalam negeri mampu untuk memproduksi barang-barang itu untuk kebutuhan sendiri maupun luar negeri," kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Bencana Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), (BeritaSatu.Com, 29/03/2020). Kemudian di media yang sama melalui keterangan tertulisnya, Agus menyatakan, kapasitas produksi APD pada 2019 lalu mencapai 17.370.552  unit perbulan sedangkan kebutuhan antara 9 juta sampai 16,5 juta unit.      

Pernyataan tersebut sangat bertolak belakang dengan fakta di lapangan. Faktanya para tenaga medis masih sangat minim APD. Sampai ada yang memakai jas hujan, bahkan plastik sampah demi melindungi diri untuk menyelamatkan jiwa-jiwa yang kesakitan karena Covid-19 ini. Kemanakah barang APD yang diproduksi sampai berjuta-juta? Nyatanya keadaan ini memperkuat fakta betapa pemerintah tidak peduli dengan keselamatan jiwa rakyat yang dipimpin.        
Di tengah kondisi seperti ini pemerintah bukan sibuk menyalurkan APD ke seluruh daerah yang sudah terjangkit Covid-19, malah sibuk mencari cara agar bisa mengekspor APD ke negara lain demi mendapatkan uang dan uang.              

Sungguh ngeri sekali nasib bangsa Indonesia tercinta. Rakyat layaknya anak ayam yang kehilangan induknya, mereka harus mencari makan sendiri dan berjuang sendiri untuk melawan wabah yang mematikan ini.                
                                                                                Sosok pemimpin yang seperti ini sudah lumrah ada dalam sistem kapitalisme. Mereka memiliki karakter sosial yang tidak peduli dengan nyawa manusia, hanya sibuk meraup keuntungan semata. Ini menunjukkan gagalnya pemimpin dalam meriayah masyarakat yang dipimpin.             
Pemimpin seharusnya menjadi junnah (pelindung) bagi orang-orang yang dipimpinnya. Bukan malah menghindari  tanggung jawab. Seharusnya                                                                                                          Seorang pemimpin  menjadikan Rasulullah saw. sebagai teladan yang patut dicontoh. Ataupun mengambil pelajaran dari sejarah kepemimpinan para sahabat Rasulullah saw. dan para khalifah dalam kepemimpinan Islam. Rasulullah saw bersabda: " Amir (pemimpin) masyarakat adalah pemelihara dan dia bertanggung jawab atas (urusan) rakyatnya (HR. al-Bukhari,Muslim, Abu Dawud,at-Tirmidzi dan Ahmad).     
                                                                                Di dalam Islam pemimpin bertanggung jawab atas urusan rakyat, termasuk pemeliharaan urusan kesehatan mereka. Dan dalam Islam negara diwajibkan untuk menyediakan pelayanan kesehatan yang mudah diakses oleh warga negaranya dengan harga terjangkau, murah bahkan  gratis bagi seluruh rakyat.      
                                                                                Dalam penanganan Covid-19 saat ini, pemerintah wajib menjamin perawatan dan pengobatan bagi semua orang yang sakit, khususnya yang terinfeksi Covid-19. Pemerintah harus menyediakan semua alat kesehatan yang dibutuhkan secara memadai, termasuk APD yang sangat dibutuhkah oleh tenaga medis. Bahkan pemerintah harus menggerakkan semua aparat untuk menanggulangi wabah ini dan memberikan edukasi dan keputusan yang tegas untuk memutus mata rantai penyebaran virus ini.  
                                                                                Namun, Akankah ada sosok  pemimpin dalam sistem kapitalis saat ini mampu melaksankan tupoksinya sebagaimana para pemimpin dalam sistem Islam (khilafah) yang selalu mengedepankan kemaslahatan umat daripada hal lain? Wallahu'alam bishawab.

Post a Comment

Previous Post Next Post