Tetapkan 5 Prioritas Pembangunan,: Ferizal Ridwan Buka Musrenbang RKPD 2019

N3 Limapuluh Kota - Wakil Bupati Limapuluh Kota Ferizal Ridwan membuka secara resmi Musrenbang Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) di Aula Kantor Bupati Limapuluh Kota, Rabu (28/3).

Dalam kesempatan itu hadir Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FORKOPIMDA), Sekda Kabupaten Limapuluh Kota, Taufik Hidayat, SE, MM, Asisten Pemerintahan Drs. Dedi Permana, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Fitma Indrayani, SH,  Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Camat se Kabupaten Limapuluh Kota, serta Wali Nagari.

Musrenbang RKPD tahun ini, mengusung tema "Penguatan Sektor Ekonomi Potensial Daerah dan Pembangunan Infrastruktur Ditunjang SDM dan Pelayanan Publik Yang Berkualitas". Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 28 hingga 29 Maret 2018.

Wakil Bupati Limapuluh Kota Ferizal Ridwan dalm sambutannya menyampaikan, perencanaan pembangunan harus benar-benar difokuskan pada program yang dijadikan pilar sesuai dengan tema dan prioritas pembangunan. Untuk itu, perangkat daerah diharapkan agar dapat menyusun program kegiatan yang benar-benar mendukung pencapaian indikator tujuan, indikator sasaran dan indikator program sebagai penjabaran dari visi misi RPJMD 2016-2021.

”Capaian tersebut sangat penting, karena setiap tahun harus dipertanggungjawabkan kepada DPRD maupun ke pemerintah pusat melalui laporan keterangan pertanggungjawaban, laporan penyelenggaraan pemerintah daerah dan laporan kinerja,” ungkap Ferizal

Dalam kesempatan itu, Ferizal juga menekankan, hasil ataupun output dari Musrenbang RKPD tahun 2019 ini, yakni kesepakatan sasaran prioritas pembangunan dan sasaran kinerja dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) melalui penguatan inovasi dan daya saing daerah dalam pembangunan.

"Melalui Musrenbang, Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota akan terus berinovasi dalam menggali sumber daya untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) guna menunjang pembangunan daerah yang berkelanjutan," jelasnya.

Selanjutnya, Wabup Ferizal Ridwan juga menyampaikan 5 prioritas pembangunan yang akan dicapai pada tahun 2019 dari 11 agenda prioritas pembangunan yang tertuang dalam RPJMD.

"Diantara 5 prioritas pembangunan 2019 ialah, revitalisasi pertanian menuju agro industri, pariwisata dan ekonomi kreatif, akselerasi pembangunan sumber daya manusia, reformasi birokrasi, fasilitas umum dan fasilitas sosial berwawasan lingkungan dan berkelanjutan." Tutup Ferizal.

Hemmy Setiawan yang mewakili Ketua DPRD Kabupaten Limapuluh Kota mengajak untuk menjadikan musrenbang RKPD ini sebagai upaya untuk mensejahterakan masyarakat.

"Mari kita jadikan kesempatan ini untuk mencapai target dalam rangka mensejahterakan rakyat." Pungkasnya.

Sementara itu Kepala Bapelitbang Kabupaten Limapuluh Kota Widya Putra menyampaikan, Musrenbang 2018 dilaksanakan sebagai dasar dalam menyusun rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) Kabupaten Limapuluh Kota tahun anggaran 2019 .

"Musrenbang RKPD 2019 iyalah guna membahas rancangan RKPD 2019, menyepakati permasalahan-permasalahan dalam pembangunan daerah, menyepakati prioritas pembangunan, menyelaraskan program pembangunan daerah dengan sasaran dan prioritas pembangunan provinsi, serta mengklarifikasi program kegiatan Nagari yang diusulkan berdasarkan musrenbang kecamatan." Tutupnya..(Rahmat Sitepu)
Previous Post Next Post