KPK RI Rapat Koordinasi Bersama Pemkab Sarolangun


N3,SAROLANGUN - Tim Koordinasi dan Supervisi Pencegahan (Korsupgah) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI melakukan supervisi, monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan rencana aksi program Pemberantasan Korupsi Terintegrasi di Kabupaten Sarolangun, Provinsi Jambi, Selasa (23/11/2021).

Kegiatan yang dilaksanakan di aula Kantor Bupati Sarolangun tersebut dihadiri Bupati Sarolangun H.Cek Endra, Kapolres AKBP Sugeng Wahyudiyono, Sekda Ir.Endang Abdul Naser dan beberapa Kepala OPD.

Ketua tim Korsupgah KPK RI, Azril Sjah mengatakan jika Monev di Kabupaten Sarolangun kali ini terkait Monitoring Center for Prevention (MCP), yaitu progres pelaporan online dan aset - aset Pemda terkait pencegahan korupsi di Delapan area intervensi.

Ke delapan area intervensi tersebut terkait dengan perencanaan dan penganggaran APBD, pengadaan barang dan jasa, perizinan, managemen ASN aktif, tata kelola Dana Desa, akumulasi pendapatan dan managemen aset.

" Itulah yang kita dampingi kabupaten Sarolangun untuk pembinaan," ujarnya.

Sementara masalah progres Kabupaten Sarolangun sendiri untuk pelaporan online dan pencegahan korupsi selama dalam pembinaan, MCP nya sudah mencapai 62 persen yang sudah terverifikasi.

" Kita berharap Kabupaten Sarolangun MCP nya sampai 80 persen," sebutnya.

Sambungnya, jika dari kegiatan ini masih ada beberapa catatan yang sudah dicatat Sekda Sarolangun untuk dilakukan perbaikan - perbaikan. Ada regulasi - regulasi baru untuk mencegah korupsi.

" Memang masih ada beberapa catatan untuk dilakukan perbaikan dan ada regulasi baru untuk pencegahan korupsi," katanya.

Saat di wawancara awak media terkait apakah ada target OTT di Kabupaten Sarolangun, Asril Sjah tegas menjawab tidak ada target OTT.

" Tidak, tidak ada target OTT di Sarolangun," tutupnya.

Sementara Bupati Sarolangun H.Cek Endra usai mengikuti Rakor itu menyampaikan rasa terimakasih atas kunjungan Tim bidang koordinasi dan supervisi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI dalam rangka memberikan edukasi dan pencerahan kepada jajaran Pemerintah Daerah khususnya Kabupaten Sarolangun.

" Terimakasih tim dari KPK RI yg telah tiba di kabupaten Sarolangun Utara untuk memberikan edukasi, koordinasi dan pencerahan dalam upaya pencegahan Tindak pidana korupsi di wilayah Kabupaten Sarolangun," sebut H.Cek Endra.

Bupati juga menyebutkan jika kegiatan ini adalah kegiatan rutin, dimana salah satu fokus pada pemberantasan tindak pidana korupsi adalah kegiatan pencegahan yaitu aksi program pemberantasan korupsi terintegrasi dengan sistem pelaporan melalui aplikasi Monitoring Center For Prevention (MCP).

" Alhamdulillah untuk MCP kita mencapai 62 persen SE provinsi Jambi, terus meningkat dari tahun - tahun sebelumnya," ucap Bupati.

Terakhir H.Cek Endra kembali mengucapkan terimakasih kepada tim Korsupgah KPK, dengan kegiatan ini kita bisa menambah ilmu - ilmu terkait bagaimana cara pencegahan kerugian negara, dengan pembinaan yang diberikan.

(SRF)

Post a Comment

Previous Post Next Post