Kapolda Sumbar Irjen Pol Teddy Minahasa Buka Gebyar Sumdarsin ke 4 di Kota Payakumbuh


N3 Payakumbuh
- Gebyar Sumbar Sadar Vaksin (Sumdarsin) ke 4 di Kota Payakumbuh yang berpusat di Gedung Olah Raga (GOR) M. Yamin dibuka langsung oleh Kapolda Sumatera Barat Irjen Pol Teddy Minahasa Putra, Sabtu (20/11).

Vasksinasi di akhir pekan ini diharapkan bisa menjangkau lebih dari 3 persen warga Kota Payakumbuh yang belum divaksin dalam satu hari dari semua titik yang menyelenggarakan vaksinasi. 

Kapolda Sumbar Irjen Pol Teddy berharap semoga Sumbar menjadi yang terbaik dalam masalah vaksinasi. Karena diawal-awal pelaksanaan vaksin, Sumbar pernah berada di papan bawah se Indonesia. Berkat kerja keras semua unsur, posisi Sumbar sekarang sudah ber-angsur naik.

"Kita sangat mengapresiasi sekali capaian vaksinasi di Kota Payakumbuh ini, terimakasih kepada pak wali kota, Forkopimda, dan seluruh tim vaksinator yang tak kenal lelah berjuang untuk melindungi masyarakat," kata Kapolda Irjen Pol Teddy Minahasa Putra kepada media dilokasi Sumdarsin.

"Dengan sumdarsin ini diharapkan capaian vaksin bisa terus meningkat. Kita lihat hari ini dalam capaian vaksinnya, Indonesia sudah menjadi contoh bagi dunia," tambahnya.

Kapolda Tedi juga menambahkan, berdasarkan evaluasi internal Polda, Polres Payakumbuh menempati posisi kedua setelah Polres Sawahlunto dalam capaian vaksinnya, tentunya ini semua terjadi bukan begitu saja, butuh kerja keras dan peran aktif semua masyarakat.

Untuk pencapaian itu sangat dipengaruhi oleh tiga hal utama yaitu peran serta masyarakat, kesiapan tim vaksinator, dan ketersedian vaksin itu sendiri. Apabila itu semua sudah terpenuhi, belum tentu bisa menjamin kelancarannya, sebab yang terpenting dari itu semua, Forkopimda disetiap daerah itu harus selalu bersinergi.

"Sebelum saya bertuga disini capaian vaksin Sumbar baru dikisaran 17 persen se Indonesia. Itu terjadi karena setiap instansi masih berjalan sendiri-sendiri. Sejak awal Oktober lalu kita satukan langkah dan berjalan bersama. Dan terbukti terhitung sejak awal Oktober sampai saat ini sudah mencapai 48 persen. Ini suatu kejutan yang luar biasa," ungkapnya.

Senada dengan itu Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi mengatakan akan terus bekerja dan terus bersinergi dengan Forkopimda untuk mempercepat terbentuknya Herd Immunity. Berdasarkan data sampai hari capaian vaksin Kota Payakumbuh sudah 68 persen.

"Kita harapkan, melihat anemo masyarakat yang ingin divaksin hari ini, Capaian kita bisa mencapai 70 persen," kata Wako Riza Falepi yang juga diamini oleh Kapolres Payakumbuh Alex Prawira.

"Kepada camat, lurah dan tim vaksinator tetap semangat, karena banyak jiwa yang harus kita selamatkan dan banyak keluarga yang harus kita lindungi," tambahnya.

Riza bersyukur di pertengahan November ini capaian vaksinasi menuju target 70 persen sudah di depan mata, dirinya berharap masyarakat dapat terus bersemangat dalam mengikuti vaksinasi ini.

"Harus kita akui, capaian ini karena begitu sedemikiannya semua pihak dengan keras bekerja, mudah-mudahan vaksinasi berjalan baik," tukuknya.

Pada kesempatan itu Kapolda Sumbar juga menyerahkan piagam penghargaan kepada 23 tenaga vaksinator di wilayah hukum Polres Payakumbuh. Serta Kapolda didampingi Wali Kota Payakumbuh, Kapolres Payakumbuh dan Dandim 0306/50 Kota menyerahkan bantuan sosial kepada masyarakat yang mengikuti Sumdarsin.

Selanjutnya Kapolda Sumbar melakukan dialog interaktif dengan seluruh polres yang berada diwilayah hukum Polda Sumbar dalam pelaksanaan Sumdarsin yang serentak dilaksankan di Sumatera Barat.

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh pejabat di jajaran Polda Sumbar, Sekretaris Daerah Kota Payakumbuh Rida Ananda, Asisten I, II dan III Setdako Payakumbuh, Kepala OPD, Camat, Lurah dan Kepala Puskesmas se-Kota Payakumbuh. (hms/rstp)

Post a Comment

Previous Post Next Post