Aksi Nyata KKN Mahasiswa UNS Solo



Pati, nusantaranews.net  - Mahasiswa Kuliah KerjaNyata (KKN) dari Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta melakukan serangkaian kegiatan di Desa Tanggel, KecamatanWinong, Kabupaten Pati.

Ada salah satu kegiatan yang dilakukan oleh Kelompok 51 KKN UNS ini adalah branding tusuk sate bagi warga Desa Tanggel yang berprofesi sebagai pengrajin tusuk sate. Minggu (5/9/21).

Koordinator Kelompok 51, Yoga Aji Pradana mengatakan bahwa di Desa Tanggel, KecamatanWinong, Kabupaten Pati terdapat banyak warga desanya yang berprofesi sebagai pengrajin tusuk sate.

Sayang, jika potensi yang sangat baik ini tidak dimanfaatkan dan dikembangkan untuk kemajuan warga Desa Tanggel. 
“Sayang sekali jika pengrajin tusuk sate di Desa Tanggel hanya menjual tusuk satenya ke pengepul saja. Karena harga yang didapat dari pengepul juga tergolong sangat murah,” ungkap Yoga.

Karena warga Desa sudah terbiasa menjual hasil tusuk satenya ke pengepul dan belum pernah mencoba melakukan trobosan untuk meningkatkan nilai jual produk, maka Kelompok 51 KKN UNS mengajak warga Desa untuk branding tusuk sate.

Selain branding, Kelompok 51 KKN UNS juga memiliki program kerja lainnya yakni edukasi dan pembuatan tempat cuci tangan, pembuatan vertical garden (pojok berseri), sosialisasi dan pembuatan handsanitizer, penerapan CTPS (Cuci Tangan Pakai Sabun), sosialisasi pentingnya memakai masker kepada masyarakat.

Satu lagi yaitu sosialisasi penggunaan aplikasi  Zoom sebagai media belajar daring. Ada juga sosialisasi penguatan kognitif anak yang efektif dengan teknik pemahaman perilaku hidup bersih dan sehat di masa pandemi, pembuatan katalog menu (pudding dan brownies), pendampingan, pengenalan program P2L (Pekarangan Pangan Lestari), penanaman sayuran dan pembagian benih sayuran, pembuatan poster edukasi Covid-19, penanaman tanaman obat keluarga  dan tutorial pembuatan pupuk kompos bahan dasar kotoran kambing.

Adapun kelompok 51 KKN UNS ini berada di bawah bimbingan Dr. Agus EfendyM.Pd, dengan koordinator kelompok Yoga Aji Pradana (FP/Agribisnis) dan Kelompok 51 yang beranggota  bernama Puji Lestari N (FKIP/Pendidikan Akuntansi), WinitaSherlynda (FP/PKP), Susi Mela Dewi (FEB/Ekonomi Pembangunan) dan Arida Tasya (FEB/Ekonomi Pembangunan), Shofi Mandani (FT/Arsitektur), SyahadatulFitria (FKIP/PGSD), Tegar Agus (FKIP/PTB), LuthfiAndani K (FKIP/PPKN), dan Dewi Anggun Mustika S  (FKIP/Pendidikan Biologi).

Penulis : Arida Tasya Ayuningtyas



Post a Comment

Previous Post Next Post