Ketua MPC PP Padang Ķritisi Penggunaan Material Diduga Ilegal oleh PT.SMS


Pengerjaan pembangunan jalan provinsi yang dikerjakan PT. Sarana Mitra Saudara di ruas teluk bayur - nipah - purus yang dibiayai melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) dengan nomor kontrak 620/04/KTR-BM/2021 dengan nilai kontrak sebesar 8.026.585.162.34, tertanggal 5 Mei 2021, terindikasi tidak menggunakan material yang di cantumkan dalam Rencana Anggaran Biaya (RAB). 

Ini ditegaskan ketua MPC Pemuda Pancasila (MPC PP) Kota Padang, Roy Madea Oka akrab disapa Boni, saat tinjau lokasi lapangan, pada Jumat (30/7/2021).


Berdasarkan dokumentasi foto dan video yang diambilnya sendiri, diduga  pihak rekanan dengan sengaja melakukan kecurangan, untuk meraup keuntungan pribadi dengan cara, mengambil material batu cadas hasil pecahan tebing bukit di lokasi proyek, yang kemudian dimanfaatkan untuk pemadatan atau pengerasan jalan, serta pembuatan saluran.

Menurutnya, pihak rekanan tidak memperhatikan aspek teknis konstruksi jalan, juga perlu memperhatikan aspek konservasi tanah mengingat kondisi wilayah dengan topografi yang berbukit dan tanah yang peka erosi.


Selain itu, kualitas material pasir yang dipergunakan, juga masih diragukan. Sebab butiran pasir itu terlihat sangat halus dan berwarna kuninģ bercampur tanah.

Kuat dugaan, pihak rekanan mempergunakan material pasir laut untuk menghemat anggaran.

Hal ini mengakibatkan terjadinyà kerugian negara, karena mutu dan kualitas hasil pekerjaan tidak bisa dipertangungjawabkan masa pakai.

Sepengetahuanya, penggunaan pasir laut jika disatukan dalam adukan semen, sudah pasti tidak akan kuat. Dan jika tetap dipaksakan, maka ikatan tersebut akan lebih mudah untuk terlepas, daripada menyatu dengan kuat. 

Sebab sifat asin dari air laut, membuat semen menjadi kehilangan sifat pengikatnya. Dan apabila menggunakan beton bertulang, sifat asin dari pasir laut juga dapat membuat besi tulangan beton tersebut menjadi berkarat sehingga dapat melemahkan struktur.

Berdasarkan plang proyek yang àdà, hal ini tèrjadi karena, tiďak adanya konsuĺtan pengawas dalam memenej persoalan dilapangan, sehingga pihak rekanan bekerja sekehendak hati, tanpa ada yang menegur.

Selain itu, pengawasan interñal dari pihak Pemerintah Provinsi meĺalui Dinas pekerjaan umum dañ penataan ruang jugà lemah, karena membiarkan pihak rekanan melànggar aturan, untuk meraup keuntunģan pribadi

Dan perlu ditegaskàn, kontraktor yang mengambil (material) dari sumber tidak jelas atau tanpa mengañtongi izin, sama halnya mengambil barang curian atau bisa disebut penadah.

Toni, selaku peŕwakilan pengawas darì PT. SMS saat dikonfirmas Sabtu (31/72021) terkait pemakaiàn material batu setempat mengaku, bahwa memang benàr pada proyèk ini pihaknya menggunakan sebagian material dàri peçahan dinding caďas bukit.

Alasanya, karena tidak ada ketersediaan añgģaran dàlam RAB uñtuk pembuangan hasil gaĺian ķetempat lain. Dan jika  kami buang ke jurang, tentu akan menimbun kebun masyarakat.

Hal inì telah disampàikan ke pihak dìnas, nàmun tidak ada solusi tèrhadap persoalan ini.

Untuk menghinďari penumpukan material galian, pihàknya terpaksa mempergunakañ mateŕial tersebut, agar proyek tetap berjalan lancar dan kòndusif.

Terkait ďengan material pasir, ia membantah bàhwa itu pasir laut. Karena pasir yang dipàkai saat ini didatàngkan dari Lubùk Alung Kabupaten Padang Pariaman, jelasnya.

Hingga berita ini tayang, tim masih mengumpulkan data ďan klarifikasi dari pihak pihak teŕkait. N3

Post a Comment

Previous Post Next Post