Perbal Tampung, Warga SAD Lulus Seleksi Polisi


N3,SAROLANGUN - Gantungkanlah cita-citamu setinggi langit, Pepatah inilah yang menjadi motivasi bagi Perbal Tampung, seorang pemuda dari warga Suku Anak Dalam (SAD) yang tinggal di Taman Nasional Bukit Dua Belas, Kecamatan Air Hitam.

Kenekatannya untuk menggapai cita -ciat dengan mendatangi Mapolres Sarolangun untuk mendaftarkan diri menjadi anggota Polisi, akhirnya berbuah manis setelah dinyatakan lulus seleksi, pada Jum'at (23/07/2021).

Perjuangannya pada saat mendatangi Mapolres Sarolangun menggunakan sepeda motor yang di sewa dari rekannya sebesar Rp 100 ribu perhari, mungkin tidak akan pernah dilupakan oleh Perbal Tampung yang begitu semangat untuk memberikan berkas persyaratan untuk menjadi anggota Polri saat pendaftaran sudah dibuka.

Perjuangan bagaimana untuk mewujudkan cita - citanya yang ia tanamkan sejak kecil akan segera terwujud setelah dinyatakan lulus seleksi dengan nomor kelulusan 175 dan mendapatkan nilai 235.

Kapolres Sarolangun AKBP Sugeng Wahyudiyono, Sik, MTCP, CFE  mengatakan, memang dalam penerimaan anggota Polri, Mabes Polri telah menyiapkan jalur rekrutmen Proaktif Polri di masing-masing wilayah Polda, termasuk Polda Jambi.

Untuk rekrutmen Proaktif Polri ini, di wilayah Polda Jambi diutamakan untuk masyarakat Suku Anak Dalam (SAD), yang memang memiliki atau memenuhi persyaratan sesuai ketentuan yang ditetapkan SDM Mabes Polri, salah satunya harus Tamatan SMA/Sederajat.

" Seperti Perbal Tampung, warga Suku Anak Dalam yang pengiriman asal Polres Sarolangun yang kita bina langsung di nyatakan lulus menjadi anggota Polri," kata Kapolres.

Setelah dinyatakan lulus, lanjut Kapolres. Perbal tampung akan diberangkatkan pada hari ini ke Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Jambi untuk mengikuti pendidikan, dan setelah menjadi anggota Polisi, Perbal Tampung dapat menjalankan tugas - tugas Polri dengan baik.

" Harapan kita Perbal Tampung bisa menjadi contoh untuk SAD yang lain, sehingga muncul warga SAD lainnya untuk bisa mengikuti jejak," harap Kapolres.

Terpisah Bripka Taufiq mantan Paurminpers yang saat ini menjabat sebagai Kalsium di Polsek Kota Sarolangun saat ditemui, mengaku bangga sebab Perbal Tampung yang memiliki niat dan semangat untuk menjadi anggota polri lulus.

" Memang waktu itu sosok Perbal Tampung mendapatkan bimbingan Tanpa kenal lelah. Ia sangat gigih untuk mewujudkan cita - citanya," ucap Bripka Taufiq.

Ia juga sangat terharu dengan kelulusan Perbal Tampung, sebab dulu waktu Perbal Tampung dibimbing memang menunjukkan tekad dan semangat yang tinggi, sehingga semua doa - doanya dijabah tuhan Yang Maha Esa.

" Hari ini Perbal berangkat untuk lanjut ke SPN, pesan saya teruslah bangkit dan belajar dengan baik dan lakukan pengabdian terbaik untuk masyarakat jika sudah dinas nanti," tutup Bripka Taufiq.

(SRF)

Post a Comment

Previous Post Next Post