Membasmi Korupsi Dalam Pandangan Islam

Oleh : Mulyani 
Ibu Rumah Tangga

Korupsi merupakan suatu kata yang begitu populer di telinga orang. Ini disebabkan begitu seringnya kata - kata ini disebut, bahkan hampir setiap pemberitaan hari ini tidak pernah sepi dari kasus korupsi dalam skala kecil ataupun besar. Masyarakat juga sudah begitu akrab dengan berbagai istilah yang berkonotasi dengan korupsi seperti istilah sogok, salam tempel, uang pelicin dll. Sungguh korupsi merupakan musuh bersama di seluruh negara , musuh semua masyarakat, sistem dan ideologi. 

Korupsi telah dianggap musuh besar manusia.  Di negara mana pun, pemberantasan korupsi menjadi salah satu agenda besar negara. Korupsi dianggap kejahatan luar biasa. Karena itu memberantas korupsi tentu  memerlukan upaya yang luar biasa.

Pemberantasan korupsi sangat ditentukan oleh sistemnya. Karena itu pemberantasan korupsi harus dimulai dengan meninggalkan sistem yang terbukti korup dan gagal memberantas korupsi. Sistem yang benar- benar anti korupsi tidak bisa jalan sendiri. 

Agar benar-benar bebas korupsi diperlukan aparatur yang juga benar- benar berkarakter anti korupsi.Di sini diperlukan pemimpin " komandan" dan teladan. Pemimpin " komandan" adalah pemimpin yang anti korupsi, yang komitmen pemberantasan korupsinya tidak diragukan lagi. Pemimpin ini memiliki ketakwaan. Rasa takutnya kepada Allah SWT dan siksa-Nya begitu menghujam dalam kalbunya. Hal ini akan membuat dia konsisten dan konsekuen menjalankan hukum dan pemerintahan. Dia akan sangat keras menjaga harta rakyat dan negara. Pemimpin yang begitu menjaga harta rakyat dan negara ini oleh antara lain adalah Khalifah Umar bin  al-Khaththab ra. 

Pemimpin yang baik akan bersikap tegas kepada siapapun. Pemberantasan korupsi tentu akan menjadi lebih sempurna jika disertai dengan kontrol dari masyarakat, khususnya para ulama.

Alhasil, pemberantasan korupsi hanya akan berhasil dalam sistem Islam. Sebaliknya, sulit sekali bahkan mungkin  mustahil terwujud dalam sistem sekuler seperti sekarang ini. Karena itu, tegaknya penerapan syariah Islam secara menyeluruh dan totalitas harus segera diwujudkan.

WalLah a'lam bi ash- shawab.[]

Post a Comment

Previous Post Next Post