Kajari Kuansing Hadiman :"Saya Siap Jika Dipanggil Kejati Riau:



Dugaan pemerasan yang dilaporkan Bupati Kuantan Singingi (Kuansing) Andi Putra ke Bagian Pengawasan Kejaksaan Tinggi (Kejati) Riau, Jumat (18/6/2021) berbuntut panjang. 

Kepala Kejaksaan Negeri atau Kajari Kuansing, Hadiman SH. MH, yang dilaporkan membantah melakukan pemerasan terhadap Andi Putra.

“Tidak adalah (pemerasan), uang Rp1 miliar pun saya dikasih, mau disuap saya tak mau. Ada buktinya, orang mau coba (suap). Kasus sedang bergulir,” kata Hadiman.

Hadiman juga membantah menyuruh orang meminta uang dalam kasus di DPRD Kuansing. “Tidak benar itu,” tegas Hadiman membantah.

Dia mengatakan, sampai saat ini, penanganan kasus dugaan korupsi enam kegiatan di Setdakab Kuansing masih berjalan. Terkait oknum honorer yang mengatasnamakan Kajari saat meminta uang, Hadiman telah mengetahuinya. 

Diduga ada unsur sakit hati hingga oknum tersebut membawa-bawa namanya untuk meminta uang.

“Ya, Honorer itu dulu tinggal di rumah saya. Jadi ajudan saya. Di rumah dia makan, tidur di rumah, bareng ke kantor, ngetik-ngetik. Dulu di Pidsus juga sebelum jadi Kajari. Difasilitasi,” ungkapnya.

Kata Hadiman, Menurut keterangan sejumlah pihak, honorer itu suka membocorkan rahasia dan dokumen penyelidikan dan penyidikan kasus di Pidana Khusus. Tindakannya membuka rahasia negara dinilai sudah keterlaluan.

“Belum dipanggil, sudah tahu orang. Akhirnya, mau tak mau kita keluarkan, saya pecat, masa honorer bocor-bocorkan dokumen,” sebut Hadiman.

Diduga karena dipecat, honorer itu sakit hati dan mengaku disuruh meminta uang. “Mungkin saja seperti itu. Saya pecat dia karena bocorkan dokumen dan bukan disuruh minta duit,” terang Hadiman.

Saya siap jika dipanggil Kejati Riau
Terkait laporan Andi Putra itu, Hadiman menyatakan siap dipanggil oleh Pengawasan Kejati Riau untuk memberikan keterangan.

Jika nanti tidak terbukti melakukan pemerasan, Hadiman menyatakan akan melaporkan kembali orang-orang yang telah mencemarkan nama baiknya ke aparat hukum.
“Saya akan laporkan balik, siapa yang melaporkan akan saya lapor balik, bisa ke polres atau ke polda,” tegas Hadiman.

Post a Comment

Previous Post Next Post