Dua Ninik Mamak Nagari Bawan Jadi Korban Teror Pembakaran Rumah.

Kondisi Rumah  Korban Salah Seorang Ninik Mamak Nagari Bawan, Pasca Teror Pembakaran Rabu Malam dini Hari


Agam, Nusantaranews, - Minindak lanjuti Kasus "Teror" Bakar Rumah yang dilakukan orang tidak di kenal, di Dua Lokasi berbeda di Lubuk Basung, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, Rabu (31/3) dini hari, 

Adapun Kejadian "Teror" Bakar Rumah ini terjadi di Kediaman Aprianto. S.Pd. MM. Dt Tan Majo Lelo, Jorong Sago, Kenagarian Manggopoh, dan  Kediaman Khaidir Dt Palimo di Rajo, Simpang IV Mato Aia Jorong Surabayo, Lubuk Basung, Kabupaten Agam.

Terkait Persoalan ini, Ketua Kerapatan Adat Nagari (Baca-KAN) Bawan, Adrian Agus Dt Kando Marajo, yang didampingi beberapa Ninik Mamak, serta Tokoh Masyarakat, Nagari Bawan lainnya, dalam Konfrensi Persnya di Kantor Sekretariat Bersama Jurnalis  (Baca-Sekber) Padang Baru, Lubuk Basung, Kabupqten Agam, Kamis (1/4) mengatakan, Pihaknya Telah Melaporkan Peristiwa Kebakaran Rumah yang dialami Dua orang Ninik Mamak Nagari Bawan ini, dan meminta agar Penegak Hukum menuntaskan Kasus ini sampai ke akar akarnya

Lanjut, A Dt Kando Marajo, juga mengatakan, ini sudah tidak bisa ditolerir lagi, Pasalnya "Teror" ini sudah mengancam Keselamatan Nyawa Dua orang Ninik Mamak Kerapatan Adat Nagari Bawan, dan Keluarganya, dan ini sudah menjurus pada Aksi Kriminal Luar Biasa, yang boleh kita sebut "Teroris" terang Dt Kando.

Lebih lanjut A Dt Kando Marajo, mengungkapkan, sebelum Peristiwa ini juga telah ada Kejadian Pengrusakan Kantor KAN Bawan oleh segerombolan orang dan Kasus tersebut juga telah dilaporkan ke Polres Agam, apakah aksi Teror ini ada kaitan dengan Kasus Pengrusakan kKantor KAN tersebut, tentunya semua ini kita serahkan kKepada Penyidik, imbuh Datuak Kando.  


Kami berharap  Polres Agam segera menindak lanjuti Penyelidikan Kasus ini sebagai mana mestinya, dan tidak hanya sekedar menemukan Pelaku tapi juga dapat segera membekuk Aktor Intelektual di balik Aksi Pembakaran Rumah Dua orang Ninik Mamak Nagari Bawan, tidak peduli siapapun itu oknumnya, apakah dia Pejabat, Ninik mamak, Pihak Swasta bahkan Ninik Mamak atau Pimpinan Nagari sekalipun "Pungkas Ketua KAN Nagari Bawan, ini tegas.

Hal senada juga di ungkapkan Pelapor, Rizki Rahman, yang Notabene "Kamanakan yang juga Menantu" Khidir Dt Palimo di Rajo, salah seorang Korban Amcaman Teror Rabu Malam, dini hari, di Lubuk Basung Kabupaten Agam.

Lanjut, Riski " terkait perbuatan "Teror" yang dilakukan oknum tidak bertanggung jawab ini sudah mengancam keselamatan nyawa keluarga kami, maka dengan ini kami sudah Laporkan Peristiwa ini pada pihak Polres Agam dengan Laporan Nomor : STTL/75.a/IV/2021/Spkt - Res Agam, dan berharap agar persoalan ini dapat segera di selesaikan dan para pelaku serta aktor intelektualnya bisa segera di tangkap dan segera mempertanggung jawabkan segala perbuatannya, "Pungkas Rizki.

Terpisah, Kasat Reskrim Polres Agam, "Saat ini Kami sedang berada di salah satu Lokasi Tempat Kejadian Perkara (Baca-TKP) dalam upaya Penyelidikan, dan kami akan upayakan semaksimal mungkin agar Kasus ini dapat segera di selesaikan, dan saat ini kami sedang mengumpulkan barang bukti serta keterangan saksi terkait peristiwa ini, "Terang Pak Kasat, dalam Konfirmasi via cellularnya Kamis (1/4) siang tadi.

Terkait Peristiwa Pembakaran Dua Rumah Ninik Mamak Nagari Bawan ini, Wali Nagari Lubuk Basung, Ira Dharma Putra, yang di dampingi Jorong IV Surabayo, Rino Syamna Putra, di Kediayaman Khaidir Dt Palimo di Rajo, Simpang IV Mato Aia Kenagarian Lubuk Basung, Kamis (1/4) mengutuk keras dan menyebut, kejadian ini merupakan perbuatan melanggar hukum yang dilakukan oknum tidak bertanggung jawab, serta berharapagar pihak kepolisian dapat segera menemukan orang orang tidak bertanggung jawab yang tetlibat dalam peristiwa ini, "Pungkas Nyiak Wali, dengan ucapan turut belasungkawa yang sedalam dalamnya penuh haru.

Menurut informasi yang didapat Nusantaranees, di lapangan, beruntung Peristiwa Kriminalisasi ini meski tidak menelan korban jiwa, selain mengakibatkan kerugian materi yang diperkurakan lebih kurang Rp. 300 juta lebih juga berdampak buruk pada Psikiologi Korban, dan kita berharap agar pihak yang berkompeten dapat sesegera mungkin menemukan pelaku Pembakaran dan Aktor intelektual yang mendalangi Peristiwa ini.(Bagindo)

Post a Comment

Previous Post Next Post