Bertemu Dengan yang Spesial, Siapkah?


Oleh : Yuliana M. Alfajri, SE

Suasana Ramadan sudah semakin terasa berbagai kalangan sudah banyak melakukan persiapan dalam penyambutan bulan Suci Romadhon ini. Meski Ramadhan kali ini kita jalani kedua kalinya di masa pandemi kita sebagai umat Islam pun harus bisa mensyukuri kondisi ini, sebagaimana pesan Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam yang mengatakan bahwa ketika kita ditimpa sebuah masalah maka kita diperintahkan untuk bersabar Hal inilah yang akan menghantarkan kita pada pahala di sisi Allah SWT. 
Jadi bersabar akan mengantarkan kita pada pahala seberapa banyak ujian yang kita hadapi termasuk di masa pandemi ini Kita wajib bersyukur bar yang sesungguhnya itu mendatangkan pahala.  Bersabar dalam hadits ini bukan berarti pasrah atau bersikap pasif namun sabar dalam arti perintah syar'i juga harus bisa mengubah kondisi yang ideal menjadi lebih ideal lagi termasuk mengubah lingkungan kita yang di masa pandemi ini di mana Masih belum normal juga sebisa mungkin kita ubah semampu kita untuk bisa normal kembali.
Persiapan Romadhon juga harus dipersiapkan secara matang sebagaimana tercantum dalam firman Allah SWT di Quran surat al-baqarah ayat 183 yang artinya

 "Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,"
(QS. Al-Baqarah 2: Ayat 183)

Di mana umat Islam diperintahkan berpuasa di bulan Ramadan supaya bertakwa. Jika Ramadan masih dirasa biasa aja atau bahkan tidak merasa perubahan apapun hendaknya kita bermuhasabah diri dan menambah Spirit yang tinggi untuk bisa mencapai sukses Ramadan yaitu la'allakum tattaqun yang artinya meraih ketaatan.
Layaknya sebuah ujian jika merasa ujian tersebut adalah penting maka kita pun harus mempersiapkan mental atau pengetahuan kita lebih matang lagi sebagaimana dulu Rasulullah dan para sahabat sudah mempersiapkan menyambut bulan suci Romadhon yaitu di 2 bulan menjelang bulan suci Ramadhan yaitu di bulan Rojab para sahabat sudah menyiapkan doa dan niat yang mantap untuk menyambut bulan suci Romadhon doa tersebut yaitu 

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْ رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ

Artinya: Duhai Allah, berkahilah kami pada bulan Rajab dan bulan Sya’ban dan pertemukanlah kami dengan bulan Ramadhan.
Jadi sebagaimana standar sukses yang sempurna dan Paripurna sebagaimana dalam firman Allah Quran surat al-baqarah ayat 183 bahwasanya manfaat dari berpuasa adalah meraih ketaqwaan maka sukses tersebut adalah mewujudkan la'allakum tattaqun. Kesuksesan puasa Romadhon yaitu menjadi insan yang bertakwa maka harus kita tanyakan pada diri sendiri apakah sudah maksimal menjalankan puasa Romadhon atau masih biasa-biasa aja maka dari sini untuk mempersiapkan bulan Romadhon yang tinggal beberapa hari harus kita siapkan dengan matang niat kuat lillahita'ala serta mulai membentuk Habits yang baik dan memulai menyiapkan target-target apa saja yang akan dicapai di bulan Romadhon nanti. Untuk itu mari kita mulai mempersiapkan kiri mengerahkan energi untuk mempersiapkan Romadhon memproses diri kita supaya lebih baik dari Ramadhan sebelumnya dengan cara mencari Ilmu Islam serta memperdalam Ilmu Islam kita supaya kita bisa memahami Islam lebih sempurna dan mampu menebar kebaikan Islam itu sendiri serta turut memperjuangkan tegaknya Islam dimuka bumi ini secara Kaffah. Wallahualam bishow.

Post a Comment

Previous Post Next Post