Musrenbang Kecamatan Lima Kaum Perencanaan 2022 di buka Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian


N3 Tanah Datar - Pada masa pandemi Covid-19 yang belum tahu kapan akan berakhir, tantangan untuk menciptakan masyarakat Tanah Datar sesuai visi yang diusung yakni Terwujudnya Kabupaten Tanah Datar Madani yang Berlandaskan Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah semakin berat yang membutuhkan sinergisitas, dukungan dan kerja keras semua pihak.


Hal ini diungkapkan Wakil Bupati Richi Aprian pada acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Lima Kaum, Senin (8/3) di gedung serba guna kantor camat setempat.


Wabup Richi dalam sambutannya menyampaikan dalam pencapaian visi itu, telah disusun enam poin penting misi yang hendak dilaksanakan dalam masa kepemimpinannya bersama Bupati Eka Putra yang kemudian juga akan didukung dengan pelaksanaan 10 program unggulan.


"Untuk pencapaian visi itu, kita mempunyai misi yang saat ini sudah dalam masa pembahasan yakni, 1. Meningkatkan Kehidupan Beragama, Beradat dan Berbudaya, kemudian 2. Meningkatkan ekonomi masyarakat dan perluasan lapangan kerja yang berbasis pertanian, industri dan UMKM, 3. Meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing, 4. Pembangunan pariwisata berkelanjutan yang berbasis adat, budaya dan sumber daya alam, 5. Mewujudkan tata kelola pemerintahan yang akuntabel, efektif dan efisien, dan 6. Meningkatkan pembangunan inftrastruktur dan lingkungan hidup yang berkelanjutan," ungkapnya.


"Pelaksanaan Musrenbang tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya, dimana Musrenbang Nagari untuk perencanaan tahun 2022 tidak dilaksanakan sesuai permendagri, namun tentunya dalam menentukan program yang menjadi skala prioritas hendaknya selalu mengedepankan prinsip efesien, efektif dan akuntabel yang bertujuannya untuk kesejahteraan masyarakat kita Tanah Datar," ujarnya.


Wabup Richi Aprian menambahkan, di tengah laju pertumbuhan ekonomi 2020 yang anjlok hingga minus 1,13%, tidak hanya Tanah Datar, namun juga Sumbar dan nasional, defisit APBD yang besar, Dana Alokasi Umum dipotong sampai refocusing anggaran untuk penanganan Covid-19, ia bersama Bupati tetap semangat dan fokus mencapai visi dan misi pembangunan ke depannya. 


"Alhamdulilah, kami dipercaya memimpin Tanah Datar dalam masa pandemi Covid-19 dengan keterbatasannya, Insya Allah, bersama masyarakat dan dukungan instansi terkait dalam era kepimpinan baru kita capai Tanah Datar lebih baik, namun tentunya akan kita lakukan secara bertahap," tukas Richi Aprian.


Kemudian Ketua Tim Pembina Musrebang Kabupaten Nuryedisman yang juga menjabat sebagai Staf Ahli Bupati menyampaikan, Musrenbang menjadi agenda rutin tahunan dan harus dilaksanakan. "Musrenbang menjadi kegiatan yang harus dilaksanakan dimulai dari Pemerintahan Nagari sampai ke Pemerintahan kabupaten, jadi diharapkan pihak nagari jangan sampai bosan untuk terus berusaha menyampaikan program yang dibutuhkan walau tahun sebelumnya belum bisa direalisasikan," ujarnya.


"Tema Musrenbang kita adalah Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi melalui Peningkatan Kualitas SDM, Peningkatan Infrastruktur dan Daya Saing Produk Unggulan Daerah. Hal ini diharapkan juga bisa visi dan misi pak Bupati dan Wabup kita yang baru, semoga ke depan Tanah Datar akan lebih baik lagi," ujarnya.


Sementara itu Camat Lima Kaum Hendra Setiawan menyampaikan, sebelum pelaksanaan Musrenbang tingkat kecamatan hari ini, sebelumnya telah dilaksanakan pra Musrenbang beberapa hari lalu yang dihadiri utusan masing-masing nagari di Kecamatan Lima Kaum. 


"Secara pribadi dan pemerintah kecamatan, Saya menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Wali nagari bersama tim 7 nya yang telah mampu bekerjasama dan saling mendukung, sehingga program yang menjadi skala prioritas masing-masing nagari bisa tertampung dan kami terima di kecamatan yang akan dibawa dan diperjuangkan di Musrenbang Kabupaten," katanya. 


Di tambahkan oleh Abu Bakar,Lc Anggota DPRD Tanah Datar, "Saya berharap instansi terkait baik di tingkat nagari sampai ke tingkat Kabupaten membuat program kegiatan yang benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, sehingga keberadaan lembaga pemerintah itu memang sangat berarti dan dirasakan manfaatnya bagi masyarakat itu sendiri," pungkasnya.(EP) 

Post a Comment

Previous Post Next Post