Dinas Kesehatan Tanah Datar Optimis Target Vaksinasi Bakal Tercapai



N3, Tanah Datar, Dinas kesehatan Tanah Datar mencatat  hingga 9 februari 2021,  sebanyak 401 tenaga kesehatan telah menerima vaksin Covid 19 Sinovac. Secara persentase, vaksinasi baru terealisasi sebesar 27% dari total seluruh  tenaga kesehatan sebagai sasaran penerima vaksin sebanyak 1475 orang.


“Setelah dilakukan pencanangan beberapa waktu lalu, seluruh Puskesmas dan Rumah Sakit telah melakukan vaksinasi.  Sampai saat ini sebanyak 401 tenaga kesehatan kita telah menerima vaksin,” ucap Roza Mardiah saat ditemui disela melakukan peninjauan vaksinasi di RSUD M Hanafiah, Rabu (10/2).


Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan setempat mengatakan, masih rendahnya persetase vaksinasi di Tanah Datar, membuat  pihaknya terus mendorong  tenaga kesehatan untuk melakukan penyuntikan vaksin.  Penyuntikan vaksin sendiri  masih terus berlanjut sampai hari ini, baik di 23 Puskesmas maupun  di 1 Rumah Sakit Umum Daerah, M Hanafiah Batusangkar.

Ia mengatakan, pihaknya tetap berupaya bagaimana percepatan vaksinasi oleh masing masing unit pelaksana dapat terwujud. Sesuai dengan target, pada 21 Februari mendatang program vaksinasinasi terhadap tenaga kesehatan mesti rampung dilakukan.

Dengan masih rendahnya realisasi vaksinasi itu, Dinas Kesehatan Tanah Datar optimis pencapaian target vaksinasibisa diselesaikan hingga tenggat waktu terakhir.

“Memang ada beberapa kendala,  dari sasaran kita (penerima vaksin) seperti ada riwayat komorbid, atau  adanya hal hal yang mungkin terjadinya penundaan dilakukanya vaksinasi seperti saat screening ditemukan ada yang tekanan darah tinggi, ibu menyusui dan lainnya,” kata Roza .

Dari 401 tenaga kesehatan yang telah menerima vaksin, pihaknya belum menemukan adanya gejala yang mungkin terjadi setelah vaksinasi Covid 19 atau disebut juga dengan kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) terahadap penerima vaksin.

“Makanya hari ini kita melakukan peninjauan ke lapangan, kita targetkan pencapaian vaksinasi kita 80 hingga 90% hingga hari terakhir nanti,” tutup Roza. (EP) 

Post a Comment

Previous Post Next Post