Kunker Ke Sarolangun Kapolda Jambi Fokus Berantas PETI Ilegal Drilling Dan Narkoba


N3,SAROLANGUN - Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Jambi, Irjen Pol A.Rachmad Wibowo,S.I.K berkomitmen untuk pemberatasan Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI) yang masih marak, khusus di wilayah Kabupaten Sarolangun,Provinsi Jambi.Hal itu disampaikannya saat melakukan Kunjungan Kerja di Sarolangun, pada Jumat - Sabtu (09 -10/01/2021).

Dalam Kunker tersebut, Kapolda Jambi Irjen.Pol.A. Rachmad Wibowo,S.I.K didampingi Dansat Brimob Polda Jambi Kombes Nadi, serta jajaran petinggi Polda Jambi,serta dari pihak Polres Sarolangun,seperti Kapolres Sarolangun AKBP Sugeng Wahyudiyono dan jajaran Kasat dan Kapolsek Sarolangun.

Dalam press reales bersama awak media Jambi dan Sarolangun yang diselenggarakan secara santai di tepian Ancol Sarolangun, Sabtu (10/01/2021) pagi. Irjen.Pol.A.Rachmad Wibowo menyampaikan pihak sudah melakukan pertemuan dengan tokoh-tokoh masyarakat Kecamatan Muaro Limun, terkait PETI di Desa Lubuk Bedorong, Kecamatan Limun.

Dalam pertemuan tersebut Kapolda dapat memahami permintaan warga Desa Lubuk Bedorong terkait kegiatan PETI di desanya, yang mana saat ini sudah memasuki hutan adat yang merupakan harta satu-satunya bagi masyarakat Lubuk Bedorong itu sendiri.

" Warga Lubuk Bedorong sudah menyampaikan kepada kami jika mereka sangat mencintai dan menghargai lingkungan hidup, karena itulah satu-satunya harta mereka untuk di wariskan kepada anak cucunya. Jika alam tersebut di eksploitasi maka alam tersebut akan menjadi rusak," sebut Kapolda.

Terkait masalah PETI di Lubuk Bedorong, dikatakan Kapolda jika pihaknya sudah menurunkan tim untuk mengecek langsung daerah tersebut, tujuan untuk melakukan penindakan kepada para PETI yang masih beroperasi.

" Hari ini juga kita sudah menurunkan tim untuk melakukan penindakan, agar ini menjadi permanen, sehingga alamnya bisa pulih kembali," tegasnya.

Sementara untuk pemberantasan PETI ini, semua aktor harus ditindak tegas. Selain aktor PETI itu sendiri, aktor pemasok BBM untuk alat berat juga harus dilakukan penindakan. Beberapa Polres sudah melakukan penindakan dan beberapa Kepala Daerah sudah merancang peraturan untuk setiap alam berat dan bahan bakar yang melintas dijalan raya harus ada izin dan jelas peruntukannya.

" Ini semua dilakukan sebagai salah satu upaya untuk memutus rantai logistik PETI, baik di Lubuk Bedorong maupun diseluruh wilayah Provinsi Jambi," jelasnya.

Kunker Irjen,Pol.A.Rachmad Wibowo ini merupakan program 100 hari kerjanya pasca dilantik menjadi Kapolda Jambi salah satunya pemberantasan PETI diseluruh wilayah Jambi, khususnya di Kabupaten Sarolangun.

Selain pemberantasan PETI, Kapolda juga menanggapi masalah Suku Anak di Kabupaten Sarolangun. Yang mana menurut Kapolda, pihaknya ingin SAD menjadi sejahtera dengan melibatkan mereka untuk menjaga keamanan, mensosialisasikan hidup sehat dan bisa ikut menjaga lingkungan alam disekitarnya.

" Kita akan melakukan rekrutmen SAD yang memungkinkan untuk menjadi anggota Polri. Tujuannya untuk mensejahterakan SAD itu sendiri dan ikut menjaga lingkungan alam sekitarnya," jelas Kapolda.

Sementara untuk pemberantasan narkoba termasuk yang peredarannya sudah memasuki area PETI, pihak juga berkomitmen dan sungguh-sungguh untuk memberantas sampai keakar-akarnya. Sedangkan untuk permasalah ilegal drilling yang juga marak, ditegaskan Kapolda akan menindak bukan hanya pekerjanya, namun sampai ke pemodal.

" Untuk masalah narkoba di area PETI dan juga masalah ilegal drilling, semuanya juga akan kita tindak tegas, bukan hanya para pemakai dan pekerja, namun pemasok narkoba dan pemodal ilegal drilling pun akan kita berantas," pungkas Kapolda.

Usai menggelar press reales, rombongan Kapolda pun, sekitar pukul 10.00 WIB bertolak menuju Jambi dengan menggunakan kendaraan roda empat dengan dikawal oleh Brimob Polda.

(SRF)

Post a Comment

Previous Post Next Post