Rumah Hasil RTLH Kodim Pati Kembali Diserahkan Kepada Warga



Pati, nusantaranews.net
- Bantuan rehab rumah tidak layak huni (RTLH) sebanyak 3 unit akhirnya dapat dirampungkan seluruhnya oleh prajurit Kodim 0718/Pati dalam rangka Hari Juang TNI AD yang diperingati tanggal 15 Desember 2020 lalu. Tiga rumah tersebut adalah di Kecamatan Jaken satu unit, di Kecamatan Sukolilo satu unit dan di Kecamatan Pati sebanyak satu unit yang pada hari ini dilaksanakan acara penyerahan kunci rumah secara simbolis oleh Dandim Pati kepada Mbah Slamet warga Desa Winong Rt. 09/02 Kecamatan Pati Kabupaten Pati.  Senin, (28/12/2020).

 

Dalam acara yang berlangsung secara sederhana tersebut juga dihadiri oleh Forkopincam Pati, perwakilan dari Kantor Cabang BRI Pati, Kades Winong serta tetangga yang turut merasakan kegembiraan Mbah Slamet sekeluarga. Dan yang membuat semakin istimewa adalah bantuan yang diberikan dari Kodim Pati bekerjasama dengan BRI Cabang Pati tersebut adalah tepat sasaran, karena Mbah Slamet (70) merupakan salah satu penyandang disabilitas (Tuna Netra) yang sehari-hari tidak bekerja dan hanya mengandalkan penghasilan dari istrinya yang bekerja sebagai pembantu rumah tangga.

 

Menurut penuturan Kapten Inf Yahudi, S.Sos Danramil 01/Pati, rumah Mbah Slamet dengan ukuran 6 X 7 meter sebelum direhab kondisinya bisa dikatakan kurang layak untuk dihuni. Dinding dari bilik bambu  serta lantainya masih tanah, namun setelah direhab rumah tersebut berubah 180 derajat dengan kondisi sudah layak huni, konstruksi dinding dari bata putih serta lantainya sudah menggunakan material keramik. 

“Dengan bergotong-royong antara Koramil 01/Pati bersama Polsek Pati dan warga, alhamdulillah ahirnya selama 12 hari dapat dirampungkan dan hari ini dilaksanakn penyerahan kunci rumah oleh Pak Dandim,”Ujar Kapten Yahudi.

 

Sementara itu dalam acara penyerahan kunci rumah, Dandim Pati Letkol Czi Adi Ilham Zamani menyampaikan apresiasi serta rasa terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu terlaksananya kegiatan RTLH di rumah Mbah Slamet.

 “Terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu rehab RTLH ini, dari BRI Pati, Polsek, Koramil serta warga semua, semoga ini menjadikan amal bagi kita semua. Kepada Pak Slamet sekeluarga semoga setelah direhab, rumah ini semakin nyaman untuk dihuni dan semakin sehat dan menjadi berkah untuk  sekeluarga,” Kata Dandim.

 

Dandim juga berharap kerjasama seperti ini, dari Kodim Pati dengan BRI maupun dengan instansi yang terkait lainnya dapat berjalan terus sehingga dapat membantu dan mendukung pembangunan di wilayah kabupaten Pati.  

 

Ditemui setelah acara, mbah Selamet mengungkapkan dengan senyum bahagia, dan perasaan  gembiranya karena mendapatkan bantuan dari Kodim Pati sehingga rumah miliknya dapat direhab oleh TNI bersama Polri dan warga sekitar. (Snpt/m@s)

Post a Comment

Previous Post Next Post