Grup Kesenian Talang Sarumpun Curi Perhatian Pengunjung Pasar Ekraf Payakumbuh


N3 Payakumbuh
- Masyarakat Peduli Seni dan Budaya MPSB  Payakumbuh bekerja sama dengan Dinas Pariwisata Provinsi Sumbar menggelar kegiatan Pasar Ekonomi Kreatif. (16/11)

Iven ini berlokasi di Agamjua Art and Culture Cafe di tepian Batang Agam dimana ada beberapa konten yang di tampilkan. Diantaranya penampilan Musik Tradisi serta Gamad yang di mainkan oleh para pemusik dari 19 kota/kabupaten di Sumbar. Serta penampilan produk kuliner tradisional dari 10 kenagarian di kota Payakumbuh

Hal ini diungkapkan Deni Rao - ketua pelaksana kegiatan ketika di temui wartawan di lokasi acara.

"Disini kami komit menerapkan standar protokol Covid-19 secara ketat di pintu masuk serta ketentuan yang telah ditetapkan bagi pengunjung diantaranya jumlah pengunjung yang dibatasi hanya 150 orang saja", ujar Deni Rao didampingi sekretaris Farhan Cress.

Aprizal, ketua kelompok Masyarakat Peduli Seni dan Budaya (MPSB) Payakumbuh mengatakan tujuan dari kegiatan ini adalah walaupun situasi sekarang kita mengalami pandemi Covid-19 tapi tidak tertutup kemungkinan untuk melaksanakan kegiatan yang berbasis masyarakat.

"Kita ingin menampilkan semua potensi dalam masyarakat terutama dalam bidang seni budaya serta kuliner", ungkap Aprizal.

Salah satu pagelaran dari grup kesenian Talang Sarumpun dari Bulakan Balai Kandi mengundang antusias para pengunjung. Dimana grup ini menampilkan paket prosesi  Baralek Gadang ala Minangkabau. Diantaranya "Menjapuik Sumando" , "Dianta Bako", "Malam Bainai", "Maarak Mempelai" dan sampai kedua  mempelai duduk di pelaminan dengan dimeriahkan musik dan tari-tarian tradisional

Ketua grup kesenian Talang Sarumpun, Kiki Adrian mengatakan bahwa prosesi yang yang di tampilkan adalah tahap tahap dalam proses perkawinan adat di Minangkabau.

"Sebagai generasi muda kita wajib menjaga jati diri anak anak bangsa yang berkebudayaan. Disini sebagai putra putri Minangkabau kita berupaya menggali, mengembangkan serta melestarikan adat dan budaya kita terutama dalam bidang kesenian", terang Kiki Adrian. (R.Stp)

Post a Comment

Previous Post Next Post