Tips Jalani Hidup Melalui Muhasabah Diri


foto by google


Helo gueesss, 
Kehidupan akan tetap berjalan, meski kita dalam keadaan susah dan senang. 
Apakah dengan jatuhnya beberapa daun, akan mematikan kehidupan sebatang pohon?. Nah dari sini kita yang perlu mengingat, bahwa apa yang terjadi harus kita jalani dengan ikhlas. Kesemua itu adalah ketentuan yang telah digariskan Allah kepada setiap manusia.

Ini tips agar bisa menjalani hidup dengan baik :

Muhasabah diri
Berikut ini beberapa cara agar kamu dapat muhasabah diri atau introspeksi diri.

1. Renungkan dan kenali diri sendiri
Yang paling tahu diri sendiri bukan orang lain melainkan diri kita sendiri. Kamu sendiri yang tahu kelemahan dan kelebihanmu apa. Setelah menyadari kelemahan, segera perbaiki dan usahakan untuk tidak melakukan kesalahan dari kelemahan ini. Setelah itu, tonjolkan kelebihanmu dan fokus terhadap hal positif saja. Jangan sampai kamu kalah dengan kelemahan sendiri ya, RoomMies!

2. Maafkanlah dirimu dari kesalahan masa lalu
Manusia itu gudangnya salah dan lupa. Bahkan ketika kamu berpikir bahwa kamu benar, penerimaan orang lain belum tentu benar, karena benar dan salah itu relatif. Dalam hidup, kamu punya kebebasan sebebas-bebasnya tapi batasannya yaitu jangan sampai merugikan dan menyakiti orang lain. Dan jika ada kesalahan yang dilakukan secara tidak sengaja, maafkanlah dirimu dan jadikan hal itu sebagai pelajaran yang berarti.

3. Sadari letak kesalahanmu dan perbaikilah
Membedakan antara salah dan benar pun harus memiliki kemampuan, RoomMies. Karena terkadang hati dan pikiran tidak sejalan. Tanpa kemampuan tersebut, kamu tidak akan pernah tahu dan sadar bahwa ada kesalahan dalam tindakanmu. Muhasabah diri akan sangat membantu menemukan kesalahanmu. Dan jika kamu sudah menemukannya, segera perbaiki.

4. Berhenti berpikir kamu selalu benar
Tidak ada yang sempurna di dunia ini, RoomMies. Hal ini juga berlaku padamu, kamu tidak selalu benar setiap saat. Berhentilah menjadi egois dan mulai membuka pikiran dengan pendapat yang dikemukakan oleh orang lain.

Mudah-mudahan tulisan yang singkat ini dapat bermanfaat
(blog.roomme.id)


Post a Comment

Previous Post Next Post