Mahasiswa PMM UMM Inisiatif Membuat Gula Semut dikemas Sachet


Mahasiswa Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Kelompok 21 gelombang 10 yang beranggotakan yaitu Isna Zahrotul Habibah, Umi Sholihah, Vierza Ainda Safitri, Nurul Fatihah, Nur Syavika Syahira, dengan dosen pembimbing Khusnul Hidayat, S.T., M.T.

Kegiatan PMM kali ini mahasiswa mengikuti proses pembuatan gula jawa asli di desa Paciran. Dari proses pengambilan bahan yang digunakan untuk pembuatan gula sampai pencetakan gula jawa asli. Proses pembuatan gula jawa asli masih tradisional yang memiliki rasa manis yang khas dari pohon siwalan. Masyarakat desa Paciran yang membuat gula jawa asli membuatnya masih digubuk dekat dengan kebun siwalan atau masyarakat sekitar menyebutnya dengan “bogoran”.


”Kalau wisatawan membeli gula sampai ditempat tujuan biasanya meleleh,” Ujar Rosyidah, pembuat pengolah gula jawa asli, Jum’at (18/09/20).

Mahasiswa PMM UMM ini berinisiatif untuk mengolah gula jawa asli padat tersebut menjadi gula jawa semut supaya dapat bertahan lebih lama. Gula jawa asli yang sudah diolah menjadi gula semut kemudian dikemas dalam bentuk sachet. 


“Mengolah gula jawa asli padat untuk dijadikan gula semut tidaklah mudah, butuh kesabaran saat mengaduknya supaya gula tersebut dapat menjadi gula semut.” Ujar Isna, Mahasiswa PMM UMM, Senin (12/10/20).

Gula cetak yang dijadikan gula semut ini bertujuan agar dapat meningkatkan pemasaran yang lebih luas dan gula semut tersebut dapat bertahan lebih lama.

Post a Comment

Previous Post Next Post