ICC-RI Dampingi Masyarakat Desa Muara Danau Aksi Unjuk Rasa Di Kantor Bupati Sarolangun


N3,SAROLANGUN - Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Investigasi Crime Corruption Republik Indonesia (ICC-RI) yang mendampingi masyarakat Desa Muara Danau, Kecamatan Pelawan mendatangi Kantor Bupati Sarolangun, Senin (19/10/2020).

Kedatangan ICC- RI dan masyarakat tersebut dalam rangka berunjuk rasa menuntut Bupati Sarolangun mencopot Ibrahim.AW dari jabatannya sebagai Kepala Desa (Kades) Muara Danau, Kecamatan Pelawan,Kabupaten Sarolangun.

Darmawan, selaku Korlap unjuk rasa dalam orasinya mengungkapkan, jika masyarakat menilai diduga telah terjadi modus operandi dan praktek KKN dalam pengelolaan Dana Desa (DD) dan Dana P2DK Desa Muara Danau tahun anggaran 2018 - 2019.

" Diduga Ibrahim selaku Kades diduga telah memonopoli sistem pengelolaan dan pembelanjaan DD Muara Danau tanpa adanya transparansi terhadap masyarakat," sebut Darmawan.

Masih dikatakan Darmawan, jika apa yang didugakan masyarakat Muara Danau tersebut, sebagai contohnya pada pelaksanaan kegiatan yang menggunakan DD dan Dana P2DK tahun anggaran 2018 -2019 tanpa memampangkan atau menempelkam baleho APBDes.

Selain itu dalam aksinya, pengunjuk rasa juga meminta Bupati Sarolangun untuk memerintahkan Drs. Muslihadi selaku Inspektur Inspektorat yang merupakan Aparatur Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) untuk memberikan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) terkait penggunaan dana DD dan P2DK Desa Muara Danau tahun anggaran 2018 - 2019 kepada masyarakat.

" Kami meminta Inspektorat selaku APIP Kabupaten Sarolangun untuk benar-benar mengawasi seluruh kegiatan, baik kinerja pemerintah, pembangunan, kepegawaian dan pelayanan pada masyarakat, sehingga terciptanya pemerintahan yang baik dan bersih," tegasnya.

Aksi unjuk rasa ini berakhir dengan mediasi yang dipimpin oleh Asisten I, Arief Ampera,didampingi oleh Kakan Kesbangpol Hudri, Kasat Intel Polres Sarolangun AKP Tumpal Sinaga , Kapolsekta Sarolangun AKP S.Berutu dan dihadiri oleh Inspektur Inspektorat serta perwakilan dari masyarakat Muara Danau.

" Dari hasil mediasi tadi, kami sedikit puas dengan apa yang disampaikan oleh Asisten I dan Inspektur sangat proaktif untuk segera menyelesaikan permasalah ini," tandas Darmawan.

(SRF)

Post a Comment

Previous Post Next Post