Legislator Nasdem: Bruno Guimek Sagalak DPRD Mentawai Tolong Perhatikan Tenaga Kontrak

Bruno Guimek Sagalak Anggota DPRD Mentawai

MENTAWAI, (NUSANTARANEWS.NET)- Pemerintah diminta untuk memberikan perhatian lebih kepada para tenaga kontrak yang telah mengabdi kepada negara. 

Hal itu disampaikan Anggota DPRD Kabupaten Kepulauan Mentawai Bruno Guimek Sagalak , saat diwancarai oleh Nusantaranews. Net, baru baru ini).

Anggota DPRD Kabupaten Kepulauan Mentawai Bruno Guimek Sagalak meminta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Mentawai menempatkan guru kontrak sesuai dengan domisili, sehingga keberadaan guru lebih betah berada di lokasi sekolah.

"Untuk penempatan guru kontrak harus sesuai dengan domisili, kalau tidak maka akan sering terjadi kekosongan guru, sudah banyak contoh, misalnya orang Muara Siberut tidak betah tinggal di Sikabaluan hanya untuk mengajar, kecuali dia bawa keluarga," 

Dengan ini, cara tersebut merupakan salah satu upaya agar tenaga pendidik tidak banyak alasan untuk meminta izin tidak masuk sekolah, bahkan ada yang lolos dari pengawas sekolah. Kebanyakan sekolah di pedalaman Mentawai absensi masih manual, kecuali dibeberapa pusat Kecamatan sudah menggunakan finger Print atau pakai sidik jari.

"Sekarangkan, karena Covid-19 tidak boleh lagi pakai sidik jari, kita berbicara kebelakang dan kita evaluasi, misalnya absensi manual bisa saja minta tolong dengan rekan guru lainnya, tetapi kalau sidik jari tidak bisa, kedepan harus ada alternatif lain yang menggantikan sistem finger print," paparnya.

Disamping itu pihaknya juga meminta dinas terkait memberikan perhatian kepada tenaga guru kontrak, karena menurutnya tenaga kontrak telah banyak membantu pemerintah dalam memenuhi kebutuhan guru di Mentawai.

"Kalau bisa tenaga kontrak diberikan perhatian lebih, kalau bisa diberikan disekolahkan setelah lulus dikembalikan ke domisilinya menjadi guru, daripada ada pengangkatan CPNS, setelah lulus di Mentawai, kemudian minta pindah lagi, jangan dijadikan Mentawai sebagai batu loncatan saja, itu sudah sering terjadi, makanya kita minta lebih baik tenaga kontrak yang direkrut dan diberikan perhatian, sudah," timpalnya.

Oleh karena itulah demi rasa keadilan negara kita, rasa keadilan bangsa kita, saya harapkan kepada para pengelola, memperhatikan teman-teman kita kontrak yang ada di daerah. Pungkasnya. (Lumbanraja). 


Post a Comment

Previous Post Next Post