Mengintip Program KKN Balik Kampung di Tengah Pandemi Covid - 19 Anak Giri Maju


PASBAR,-  Seperti yang di ceritakan oleh Sri Putri Akhyarni salah satu putri Giri Maju yang kuliah di Universitas Negeri Riau (UNRI) Pekanbaru yang didampingi oleh teman-temannya yakni Angga Pratama (ketua kelompok), Juni Irawan, Rosliana Sari, Yesi Octavia, Yulia Dewi Syahputri, Ricky Yakub dan Michael Permano, mengatakan pada Insan Pers yang tergabung di Perkumpulan Jurnalis Online (AJO) Pasbar di Giri Maju Kamis,(20/08/2020), tentang mengapa tetap mengadakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di tengah pandemi covid-19.

Sri Putri dan kelompoknya menerangkan bahwa pelaksanaan KKN dengan semboyan Kuliah Kerja Nyata Balik Kampung tahun ini jelas berbeda dengan kegiatan KKN di masa normal, atau KKN sebelum-sebelumnya.
Metode pelaksanaan KKN di masa pandemi Covid-19 yang dilakukan tahun ini, yakni mahasiswa melaksanakan program atau kegiatannya di kampung halaman masing-masing .

"kami mahasiswa yang sedang berada di kampung halaman, melaksanakan KKN secara mandiri dengan kelompok terbatas, sedangkan Pembimbingannya dilakukan oleh dosen pembimbing lapangan secara daring," kata Sri di Giri Maju Kamis, (20/08/2020).

Angga Pratama sebagai ketua kelompok, menambahkan, dilaksanakannya KKN di tengah pandemi ini salah satu alasannya adalah kita dan juga pihak kampus tidak ingin tertinggal dan terlambatnya kelulusan para mahasiswanya, apa lagi kita tidak mengetahui kapan berakhirnya pandemi ini.

" apa lagi kita tahu bahwa , KKN adalah salah satu mata kuliah wajib," tambahnya

Sri yang didampingi teman-temannya kembali menjelaskan, pada kegiatan KKN balik Kampung ini, sesuai dengan kondisi Covid 19 tema yang mereka usung adalah Kesehatan masyarakat, Ketahanan pangan dan ekonomi masyarakat, Edukasi dan Penyusunan sistem informasi Supporting keselamatan masyarakat terhadap Covid-19 dan hal ini kita laksanakan sesuai dengan kondisi dan kearifan lokal di kampung.

Pada program KKN ini, kita sebagai mahasiswa yang pulang kampung berusaha memberikan edukasi pentingnya disiplin dan menjaga kesehatan kepada masyarakat kampung kita .

Menurutnya progran edukasi tersebut antara lain pelatihan pembuatan masker yang nantinya dapat digunakan sendiri oleh masyarakat, dan Pengajaran aplikasi daring ke MTS Al-Muhajirin Giri Maju, serta peresmian 
penggunaan alat praktis handsanitizer besera alat pencuci tangan sederhana, yang mereka buat sendiri, peresmian penggunaannya disaksikan oleh Bamus Nagari Koto Baru perwakilan Giri Maju,Pj. Wali Nagari Persiapan Giri Maju, Babinsa, serta Pemuda dan Ketua Karang Taruna juga masyarakat setempat pada 24 Juli 2020 bulan lalu.

Mahasiswa juga menyerahkan alat pencuci tangan ke rumah data ku (rumah bkkbn desa) dan sekaligus mempraktekan cara Pembuatan disinfektan.

Sementara Juni Irawan salah seorang mahasiswa yang tergabung di kelompok tersebut, menerangkan bahwa mereka juga melakukan Pembagian sembako untuk lansia, dan melakukan Penyemprotan disinfektan di sekolah maupun di Masjid serta tempat-tempat fasilitas umum lainnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Yesi Octavia,dan ia menambahkan bahwa semua kegiatan yang mereka laksanakan tetap mematuhi protokol kesehatan Covid -19.

" selama program pelaksanaan KKN, kita tetap mengedepankan protokol kesehatan sesuai standar." terangnya

Sementara Ketua Kelompok, Angga Pratama Putra yang didampingi Sri Putri Akhyarni,Juni Irawan, Roslianan Sari, Yesi Octavia, Yulia Dewi Syaputri dan Riky Yakub serta Michael Permano saat mereka akan pamit di kantor Nagari persiapan Giri Maju mengatakan bahwa KKN balik Kampung ini telah dilaksanakan sejak 13 Juli 2020 lalu, dan berakhir berketepatan pada HUT RI ke 75  (17 Agustus 2020) kemarin.

" kegiatan kami berakhir pada hari Senin 17 Agustus 2020 dan kami selama 35 hari telah melaksanakan berbagai program bersama pemuda dan masyarakat di Giri Maju. " terangnya.

Penutupan Kegiatan KKN telah dilakukan di lapangan bola seusai kegiatan Upacara penurunan bendera Senin kemarin dengan sederhana dan disaksikan oleh masyarakat yang hadir pada saat itu sambil bersilaturahmi bersama Pj. Wali Nagari dan perangkatnya  yang ditandai dengan foto bersama.

Sebelum mengakhiri pembicaraan, Sri Putri Akhyarni mengatakan bahwa Pj.Wali pada saat penutupan tersebut mengucapkan terimakasih kepada Mahasiswa yang telah berpartisipasi dalam melaksanakan program KKN di Giri Maju.
Dikatakannya dengan kegiatan melalui program -program KKN yang telah dilaksanakan, masyarakat terasa terbantu, terutama keaktifan para mahasiswa dalam mensukseskan kegiatan dalam menyongsong dan menyukseskan HUT RI di Giri Maju, hingga walaupun dalam keadaan kondisi covid 19 ini, kita di Giri Maju dapat memeriahkannya dengan berbagai lomba dan ditutup dengan Upacara Bendera dan sekaligus penutupan program KKN.
"ternyata anak-anak Mahasiswa melalui program KKN balik ke kampung menjadi suatu yang bermanfaat, khususnya dalam mensukseskan kegiatan perayaan HUT RI Ke 75 ini." ujarnya mengakhiri.

(Zoelnasti/Dino)
Previous Post Next Post