Anggota DPRD Pasbar Pimpin Upacara Bendera di Tengah Sawah


Subandrio sebagai anggota DPRD Kabupaten Pasaman Barat, Sumbar mengapresiasi Usaha dan ide pemuda, pemudi yang didukung  masyarakat serta mahasiswa dalam upaya melahirkan ide pelaksanaan Upacara Bendera 17 Agustus 2020 di tengah Sawah.

" saya apresiasi dan dukung ide kreatif dan hal positif ini, saya tunggu ide kreatif pemuda untuk kedepannya lagi, ” sebut Subandrio sesaat selesai bertindak sebagai inspektur upacara  bendera Upacara HUT Kemerdekaan RI ke 75 di tengah sawah Kejorongan Pujurahayu Nagari Koto Baru Kecamatan Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat Sumbar Senin (17/08)

Dikatakannya, mengikuti upacara bendeta dalam rangka HUT RI ke 75 di tengah sawah  bersama masyarakat merupakan khidmat kemerdekaan tersendiri.

" Rupanya inilah salah satu nikmatnya di mana Masyarakat sengaja memilih sawah sebagai lokasi upacara, yakni ingin ikut merasakan perjuangan para pahlawan kita dalam merebut kemerdekaan Republik ini " ujar Subandrio bangga.

Selain itu menurutnya rangkaian acara lainnya tentu akan ikut bernilai sama tngginya dengan nilai rasa cinta tanah air dan ini menjadi salah satu faktor kesuksesan acara tersebut.

Subandrio menambahkan, upacara bendera sebagai bentuk penghormatan terhadap bangsa dan negara tidak harus digelar secara mewah, sebab semangat yang ada pada diri pemuda merupakan keberhasilan pemuda dalam upacara ini, menunjukkan pemuda dan masyarakat Pujarahayu sangat mencintai negara dan bangsanya. 

" Kedepan, kegiatan seperti ini harus terus digalakkan kepada generasi muda kita, apa lagi masyarakat dan pemuda memliki peran penting dalam kemajuan negara,” ujarnya.

Subandrio berharap, hal positif ini harus dipupuk. Meksi di tengah Pandemi Covid 19, pemuda masih bisa berkarya dan melaksanakan tugasnya sebagai generasi penerus bangsa, serta menjaga nilai nilai kebangsaan.

Diterangkan Subandrio lagi, kegiatan upacara unik tersebut manarik perhatian masyarakat, apa lagi selama upacara panitia tetap menjaga jarak dan menerapkan protokol kesehatan pencegahan penularan covid-19.

Sementara itu Ketua Pemuda Cakra Minata Kejorongan Pujarahayu, Didin Syaifudin saat dikonfirmasi mengatakan, upacara unik ini mereka gelar untuk menambah rasa nasionalisme di tengah masyarakat yang berada di kaki gunung Pasaman.
Menurutnya Upacara digelar di salah satu petak sawah masyarakat di Dusun Sidodadi RT 03 Pujarahayu, Nagari Koto Baru Kecamatan Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat ini salah satunya adalah menjiwai nilai-nilai moral perjuangan pahlawan bangsa.

“Upacara ini sebagai bentuk penghormatan terhadap pahlawan dan memupuk rasa nasionalisme di tengah masyarakat,” ujar Didin Syaifudin, Senin (17/08).

Meski bergerak di tegah lumpur sawah, pasukan pengibar bendera merah putih sukses melakukan tugasnya hingga selesai. Sementara puluhan peserta lainnya, terlihat khidmat mengikuti upacara hingga selesai.

“Masyarakat dan pemuda sangat antusias ide ini muncul dari kebersamaan, kami sangat bersyukur upacara ini berlangsung sesuai harapan dan bentuk penghormatan terhadap HUT RI,” ujarnya.

(Zoelnasti)
Previous Post Next Post