Akhlak dan moral

By : Maesa Rachman
Npm.  : 201712500573
(PAI Universitas Indraprasta Jakarta Timur 

Akhlak adalah sifat yang dibawa sejak manusia lahir kedunia. Sifat dan akhlak yang nantinya diteruskan oleh orang tua yang meramut anak tersebut sampai dia dewasa. Akhlak adalah suatu kefahaman agama yang dia tidak mau dirusak harga diri serta kehormatannya. Dia ahklak merupakan salah satu dari cabang keamanan. Akhlak merupakan sahabat jiwa bagi taqwa, dimana keduanya dituntut untuk tetap berusaha menjaukan diri dari perbutan tercela dan mendekatkan diri kepada alloh.
    
Moral adalah sesuatu tindakan yang didasari dari buah pikiran dan mela
hirkan perbuatan. Ahklak dan moral adalah sesuatu yang dinamis dan saling membutuhkan satu sama lain ,untuk suatu kesadaran dan kekuatan kepada diri seseorang menjaga perbuatannya serta ti
ngkah lakunya.
    
Akhlak dan moral  bisa juga dikatakan sebagai jihad seseorang untuk melawan hawa nafsunya sendiri. Jika itu sudah dilaluinya seseorang akan menolak di dalam dirinya untuk mengajak orang lain untuk membuka peluang hawa nafsu yang dimilikinya.

Akhlak dan moral adalah sesuatu yang bisa dilihat orang lain dari perbuatan - perbuatan yang baik dan juga perbuatan yang buruk.
   
Akhlak dan moral adalah sesuatu yang bisa bisa dirubah pada diri seseorang, artinya seseorang hanya memilih pada suatu jalan yang dipenuhi kebaikan atau keburukan,l jalan yang dia mencintai tuhannya yaitu Allah SWT. Sebagaimana doa yang dilafalkan nabi yusuf as : sesungguhnya aku berlindung kepada Allah dari hawa nafsunya perempuan.
   
Seseorang akan mampu mempertahankan akhlak dan moralnya jika seseorang mau menjalankan Ibadah dengan niat murni ikhlas karena Allah SWT. serta tawakal dan taqarub kepadanya. Semoga Allah SWT senantiasa menjaga diri kita dengan akhlaqul karimah yang baik kepada kita serta menjaga kita dari siksa api neraka dan sama sama masuk kedalam surga selamat dari neraka amiin yaa rabbal alamiin.
Previous Post Next Post