10 Dokter di Kabupaten Pasaman Barat, Positif Covid


Ada dugaan ratusan orang yang kontak dengan dokter positif Covid-19 di Pasbar sejak ditetapkannya berdasarkan hasil SWAB yang telah diumumkan oleh Pemerintah pada Sabtu, (29/08) Minggu kemarin.

Di mana hal tersebut terkait adanya hasil pemeriksaan sampel Tes SWAB oleh laboratoriun Rumah Sakit Unand Padang, yang telah dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat beberapa waktu yang lalu.

Hasilnya didapat 10 orang dokter positif Covid - 19 pada Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Pasbar dan Puskesmas Sukamenanti.

Berdasarkan hal tersebut dan juga berdasarkan dari hasil trecing terdapat sekitar enam ratus orang yang diduga kontak dengan dokter positif covid.

Makanya pihak Puskesmas Sukomenanti Aua Kuniang Kecamatan Pasaman Pasbar melakukan SWAB terhadap ratusan petugas medis di puskesmas sukomananti dan masyarakat yang pernah kontak dengan sepuluh orang dokter pisitif Covid - 19 Senin 31 Agustus 2020 di Puskesmas Sukomenanti.

Menyikapi banyak petugas dan masyarakat yang akan diswab, satgas dan petugas Dinkes Kabupaten Pasaman Barat pada kegiatan tersebut  mengatur jarak dan membagi lokasi swab di dua lokasi, yakni di lingkungan RSUD Pasbar dan Puskesmas Sukomananti, langkah tersebut diambil untuk mengatur jarak dan mengurangi kerumunan orang.

Di tempat yang sama juru bicara tim Teknis Dinkes Kabupaten Pasbar, dokter Gina Alecia mengatakan, berdasarkan data sementara hasil trecing dari sepuluh dokter positif Covid-19 tersebut diduga terdapat ada sekitar enam ratus orang yang kontak, baik dari sesama petugas medis, keluarga dan pasien yang ditangani oleh para dokter tersebut.

Menurutnya, Satgas terus melakukan trcing dan testing untuk memastikan masyarakt terbebas dalam memutus penyebaran covid-19.
Dikatakan Gina,Satgas juga melakukan pelacakan terhadap tempat tinggal dan lingkungan seluruh dokter termasuk juga kediaman satu orang warga Pasbar asal Kecamatan Ranah Batahan yang positif kemarin.
" hingga hari ini, petugas sudah berhasil melakukan trecing sekitar enam ratus orang yang kontak dengan pasien positif," terang Gina.

Akibat dari ditemukannya sebelas kasus positif baru di Pasbar membuat jumlah hasil trecing meningkat drastis, untuk itu satgas akan terus melakukan pemantauan untuk mempercepat pemutusan penyebaran covid-19.
" satgas akan terus melakukan swab terhadap masyarakat yang kontak dengan seluruh pasien positif, dan hasilnya akan dilanjutkan dengan swab, untuk itu kita minta agar masyarakat melapor apabila pernah kontak atau ada gejala Covid - 19 termasuk juga bagi pelaku perjalanan," tutup Gina.
(Zoelnasti)
Previous Post Next Post