Wakil Bupati Pasaman H. Atos Pratama S.T., datangi penemuan diduga peluru meriam peninggalan Tuanku Imam Bonjol.



Pasaman - nusantaranews.net,
Penemuan benda yang diduga Peluru meriam dari sisa peninggalan perjuangan Pahlawan Nasional Tuanku Imam Bonjol di Nagari Ganggo Hilia Kecamatan Bonjol Kabupaten Pasaman oleh salah seorang warga pada hari Selasa (07/07) lansung mendapat respon dari Wakil Bupati Pasaman H Atos Pratama.
H Atos Pratama yang datang Mengunjungi Lokasi didampingi Kabid Kominfo (Aprialdi Said) dan Camat Bonjol (Afnita) sangat mengapresiasi penemuan ratusan peluru meriam dari bapak Zairil (63) ini dan tindakan yang diambil oleh masyarakat dan pihak kepolisian.
“Saya sebagai wakil Bupati Pasaman sangat mengapresiasi penemuan benda yang diduga peluru meriam ini dan tindakan yang diambil oleh Niniak mamak, pihak kepolisian yakni Kapolsek Bonjol, pemerintah Nagari dan Kecamatan Bonjol yang cepat tanggap untuk mengamankan benda tenemuan ini, ” jelasnya Rabu(08/07).
Menurut H Atos Pratama, dirinya meyakini penemuan benda yang diduga peluru meriam tersebut merupakan peninggalan sejarah.
“Selama saya di tentara saya belum pernah menemukan benda seperti ini,artinya berkemungkinan sekali benda ini merupakan peninggalan-peninggalan sejarah pada zaman dahulu karena kita tau di Bonjol ini pernah terjadi perang Padri dan disini kita juga memiliki pahlawan Nasional pada zaman itu yakni Tuanku Imam Bonjol,”ucapnya.
Terkait dengan adanya peluru yang masih utuh dan diragukan masih aktif atau tidaknya, Atos menjelaskan benda tersebut sudah tidak reaktif lagi.
“Menurut keterangan dari Kapolsek Bonjol yang mengamankan benda temuan ini sudah   melakukan pemeriksaan dari pihak kepolisian dan ternyata tidak reaktif karena tidak memiliki sumbu ledak lagi,” terangnya.
H Atos Pratama yang langsung turun kelokasi penemuan juga bersilaturahmi dengan Zairil dan warga sekitar, pada kesempatan ini Wabup juga memberikan donasi  sebagai ganti jerih payah bagi Zairil.(In Psm).
Previous Post Next Post