KKN UM Desa Sepanjang Ajak Masyarakat Dongkrak Perekonomian Lewat Pembuatan Briket Tebu

Oleh: Putri Hanifah, C.NNLP 
(Mahasiswi Sastra Arab Universitas Negeri Malang)

Jawa Timur sukses menyandang peringkat pertama angka kematian karena Covid-19. Sedih? Tentu. Padahal aktivitas sehari-hari akan tetap terus berjalan. Baik aktivitas perekonomian, pendidikan, pemerintahan dan lain-lain.

Tidak sedikit diantara kita mengeluhkan kondisi ini dari hari ke hari. Keluhan utama masyarakat adalah pendapatan ekonomi mereka menurun. Hal tersebut juga dirasakan oleh sebagian masyarakat Desa Sepanjang, Kecamatan Gondanglegi, Kabupaten Malang

Melihat kondisi tersebut, kami kelompok KKN Desa Sepanjang mencoba untuk memberikan terobosan baru dengan membuatkan video tutorial cara pembuatan briket, dengan harapan mampu memberikan sumbangsih pemasukan ekonomi meski dalam keadaan pandemi.

Briket adalah sebuah blok bahan yang dapat dibakar yang digunakan sebagai bahan bakar untuk memulai dan mempertahankan nyala api. Briket yang paling umum digunakan adalah briket batu bara, briket arang, briket gambut, dan briket biomassa.

Dalam video tutorial yang kami buat, kami menggunakan ampas tebu sebagai bahan dasarnya, mengingat desa sepanjang merupakan salah satu desa dengan potensi pertanian yang melimpah, salah satunya tebu.

Cara pembuatan briket ini sangatlah mudah, siapkan ampas tebu, kaleng bekas, kompor, ulekan, tepung tapioka, air, sendok, cetakan. Panaskan ampas tebu tersebut hingga hancur, ulek dan saring kembali ampas tebu tersebut. Selanjutnya buat campuran tepung tapioka dengan air untuk membuat lem perekat briket, selanjutnya campur bubuk ampas tebu yang sudah diolah dengan lem perekat tadi. Bentuk briket dengan menggunakan cetakan setelah itu jemur briket dibawah sinar matahari. Setelah kering briket siap digunakan. Bagaimana? Mudah bukan?

Video tutorial ini dipresentasikan pada kegiatan mini workshop KKN Desa Sepanjang, Rabu 1 Juni 2020 di Balai Desa Sepanjang. Elok Dinda sebagai perwakilan dari Kelompok KKN Desa Sepanjang mengungkapkan: “Pemilihan briket knk memiliki manfaat 1. Ekonomis 2. Mudah di buat 3. Tidak menimbulkan polusi”. Video tutorial pembuatan briket ini merupakan salah satu bagian dari program kerja KKN Desa Sepanjang 2020
Previous Post Next Post