Karang Taruna Kelurahan Gunung Kembang Mendapatkan Pelatihan Pembinaa

N3,SAROLANGUN - Pemerintah Kelurahan Gunung Kembang, Kecamatan Sarolangun gelar pelatihan Pembinaan Kelembagaan Kemasyarakatan (Karang Taruna), bertempat di Ballroom Hotel Abadi, Selasa (28/7/2020).

Kegiatan yang diselenggarakan selama Tiga hari, dimulai hari ini Selasa 28 Juli sampai dengan Kamis 30 Juli 2020 dibuka oleh Camat Sarolangun Huzairin,S.Pd.I  yang dihadiri oleh Kadis Sosial H.Juddin, Lurah Gunung Kembang Dedy Kurniawan,SE, Ketua Karang Taruna Kabupaten Sarolangun Yunipan Pirnando.

Hadir juga Ketua Karang Taruna Kelurahan Gunung Kembang Al Fikar Fidrin, Pembina dan seluruh anggota Karang Taruna Kelurahan Gunung Kembang sebanyak 30 orang sebagai peserta pelatihan tersebut.

Lurah Gunung Kembang Dedy Kurniawan, SE yang diwakili Seklur Al Hafiz,SKM dalam laporan mengatakan dasar kegiatan pelatihan pembinaan kelembagaan kemasyarakatan Karang Taruna Kelurahan Gunung Kembang tahun 2020 antara lain, peraturan Pemerintah No 187 tahun 2018, Permendagri No 230 tahun 2019, Peraturan Bupati No 49 tahun 2016 dan DPA Kelurahan Gunung Kembang tahun anggaran 2020.

" Narasumber dalam kegiatan ini sebanyak 8 orang terdiri dari, Dinas Sosial, Dinas KPHP, Dinas Kopperindag, Kecamatan Sarolangun, Bank 9 Jambi, Bank BRI, Pakar Hukum dan Bank Mandiri," jelasnya.

Sementara tujuan dari kegiatan ini guna terciptanya basis lingkungan UMKM untuk menyatukan persepsi serta menambah pengalaman organisasi pemuda Karang Taruna di Kelurahan Gunung Kembang dan diharap bisa menjadi Karang Taruna yang terbaik.

Sementara Ketua Karang Taruna Kabupaten Sarolangun Yunifan Pirnando dalam sambutannya menyebutkan jika ini merupakan salah satu program Karang Taruna selaku organisasi sosial selaku penopang pemerintah.

" Semoga dengan kegiatan ini nanti bisa melahirkan anggota Karang Taruna yang berkualitas, inovatif  sehingga bisa mandiri," harapnya.

Sedangkan Lurah Gunung Kembang Dedy Kurniawan,SE dalam sambutannya mengatakan jika Karang Taruna adalah orgainsasi anak kandung pemerintah yang lahir dari rahim pemerintah atau organisasi plat Merah, sehingga selaku anak wajib dibantu dan didukung oleh pemerintah.

" Kami tidak mau pemuda jadi pengemis di negeri sendiri. Oleh sebab itu kami ingin mendorong ini selaku nawa cita kami. Karena kita punya potensi dan pemuda sehingga harus digali potensi tersebut," tegasnya.

Dalam sambutannya Camat Sarolangun Huzairin,S.Pd.I sekaligus membuka pelatihan Karang Taruna ini menekankan pentingnya jiwa sosial, mandiri dan kewirausahaan dalam diri pemuda yaitu melalui organisasi Karang Taruna.

" Saya mengapresiasi Karang Taruna Gunung Kembang yang sudah menyelenggarakan kegiatan,karena ini merupakan kegiatan pertama digelar dan sangat positif," ucap Camat.

Ditambahkan Camat Sarolangun jika di Kelurahan Gunung Kembang banyak potensi yang memang harus dibina dan digali potensi tersebut. Sehingga potensi tersebut bisa menghasilkan materi atau uang.

" Maka dengan itu organisasi pemuda ini bisa mandiri dan berperan aktif serta memberikan kegiatan positif untuk lingkungan khususnya Kelurahan Gunung Kembang," harap Huzairin.

(SRF)
Previous Post Next Post