4 Tips Berbenah Diri Raih CintaNya

By : Irawati, S.Pd
Muslimah Pasuruan 

Dan haruslah ada di antara kamu umat yang menyeru kepada al-khair (Islam), menyuruh kepada yang maruf dan mencegah dari yang munkar; dan mereka (ummat-ummat) itulah ummat-ummat yang beruntung. (TQS ali-Imraan [3]: 104)

Ayat di atas berkaitan dengan kewajiban setiap muslim untuk berdakwah. Perintah dari Allah SWT. untuk menyeru kepada kebaikan. Perubahan itu penting, sobat! Perubahan pada diri sendiri, bermasyarakat hingga bernegara. Kenapa ujungnya ada di negara?! Karena ketika kita memiliki sebuah negara dengan jelas aturannya, semua perubahan yang benar sesuai perintah Nya dapat dilakukan.

Berdakwah itu sarana perubahan. Tapi, kalau mikirin dakwah, bayangannya jangan yang berdiri di mimbar terus pake mic segala! Kita ngingetin temen buat bersikap baik sesuai aturanNya mulai dari menutup aurot, kokoh tidak gaul bebas meski banyak rayuan terus bermunculan, dan lainnya itu termasuk dakwah.

Dakwah dan Muhasabah Diri Jalan Beriringan

Layaknya sebuah lagu dengan musiknya, harmoni lagu mempengaruhi keindahannya. Begitupun dakwah dan muhasabah diri yang senantiasa kita lakukan untuk mendukung perbaikan demi meraih cintaNya. Mengapa? Karena dakwah salah satu wujud cinta kita kepadaNya.

Sebelumnya kita harus benahi terlebih dahulu diri kita sendiri. Bagaimana bisa kita mengajak orang lain menuju perubahan dengan perbaikan yang benar sesuai perintahNya kalau diri kita sendiri masih gitugitu aja. Thats why, berbenah diri itu p-e-n-t-i-n-g, sobat..

4 Tips Berbenah Diri Raih CintaNya

1. Awali dengan Luruskan Niat
Innamalamalu binniah. Pasti udah familiar sama hadits ini. Akar dari setiap perbuatan adalah niat. Jadi, kalau pingin berubah, niat dulu dengan benar. Niat yang bener-bener mantep kalau kita mau berubah menuju sholihah meraih cintaNya di dunia dan akherat.

2. Bekali Diri Dengan Ilmu

Ilmu yang wajib kita siapkan yakni ilmu agama dan selanjutnya ilmu pengetahuan lainnya. Misalnya kedokteran, geografi dan sebagainya. Jangan salah pilih dalam mempersiapkan ilmu. Ilmu yang benar tentu saja harus sesuai dengan apa yang telah diperintahkan dan dilaarang oleh Allah SWT.

3. Pasang Target

Awali dengan perubahan kecil, misalnya bangun pagi sebelum shubuh. Lama  kelamaan kalau sudah terbiasa, secara otomatis kita bisa naikin target kita, jadi jam sholat malam, baca Al Qur'an sehari berapa ayat dan kegiatan lainnya setelah shubuh.

4. Jangan Takut Berubah

Terkadang kita enggan berubah dengan alasan sudah berada di zona nyaman kita. Kita takut dengan halhal baru yang kita tak tahu akan seperti apa dampaknya nanti. Tapi, mulai sekarang buang jauh-jauh jalan pikir seperti itu ya...

Memang adakalanya perubahan tak sejalan dengan keinginan kita. Namun, berubah itu bisa jadi menuntun kita menuju kesuksesan. Kita kan nggak pernah tahu rezeki kita dimana. Dengan berbenah diri, kita jadi pribadi yang lebih baik lagi. Lebih bermanfaat untuk orang di sekitar kita. So, tetap lakukan yang terbaik! Be the agent of change! Jangan takut berubah!

Ketika melakukan benah diri, ternyata tak cukup jika baik sendiri kan??. Karenanya, benah diri menuju perubahan yang hakiki hendaknya juga dilakukan dengan mengajak sahabat, saudara, guru, tetangga dan orang lain semuanya untuk menuju perubahan yang diridhoi Allah SWT hingga dimudahkan raih cintaNya. So ketika melakukan tips di atas, jangan lupa juga bersama-sama melakukan benah diri menuju perubahan lebih baik secara bersama-sama dengan segala kebenaran Islam Kaffah hingga berjaya kembali layaknya sekitar 1300 tahun dulu Islam kaffah dalam naungan daulah khilafah Islamiyyah meraih kejayaannya menjadikan umat Islam umat terbaik dan semua warganya sejahtera dan penuh Rahmat dariNya.

Jangan takut untuk berubah menuju kepada ridho Allah SWT meraih cintaNya dengan didasari pemahaman Islam yang benar. Allah SWT. akan menunjukkan barokah ketika Islam kaffah dilakukan secara nyata dalam diri, lingkungan serta negara. Semuanya bersinergi dan menunjang. Benah diri menuju dakwah perubahan hakiki akan terasa indah dengan Islam Kaffah. Islam yang di dalamnya ada aqidah dan syariah tentu saja akan nyaman dirasakan dalam bingkai sistem kehidupan Islam kaffah yang penuh kemuliaan. Kita tak boleh takut ataupun gentar menuju proses benah diri hingga terwujud perubahan hakiki dalam sebuah sistem benar. Negara dengan sistem kehidupan Islam kaffah akan memberikan kenyamanan bagi kita untuk selalu mawas diri hingga proses benah diri setiap muslim akan terlaksana dengan maksimal. Begitupula benah diri dalam lingkungan masyarakat maupun negara.[]
Previous Post Next Post