Taman Pangan Terpadu Polres Payakumbuh Tuai Decak Kagum Petinggi Provinsi Sumbar


N3 Payakumbuh - Pemanfaatan lahan pekarangan Polres Payakumbuh memang pantas diacungi jempol. Lokasinya yang berada dibelakang ruang kerja Kapolres, seluas 300 meter, begitu pandemi Covid-19 datang ke Payakumbuh, saat itu juga disulap dengan berbagai tanaman kebutuhan pangan.

Kapolres Payakumbuh AKBP Dony Setiawan, Rabu (17/6), mengatakan bahwa pihaknya bisa membaca hal ini ke depan. Penetapan PSBB, diyakini kapolres, bakal berdampak dengan persoalan ketahanan pangan. Menyikapi hal itu, langkah paling tepat, adalah menjadikan sejengkal tanah, menjadi sesuatu yang produktif.

Lalu, ungkap Kapolres AKBP Dony Setiawan, kepada awak media  Rabu (17/6), begitu terpikir, langsung ia aplikasikan dengan dengan karya nyata. Bersama sejumlah staf, AKBP Dony merancang jaringan tanaman hidroponik. Membangun kandang ayam mini dan membuat kolam lele dari drum plastik serta Bioflok.

Usaha penanaman holtikultura itu, diapresiasi Gubernur Irwan Prayitno, Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Harimanto dan Danrem 032/Wirabraja Brigjen TNI Arief G. Mada.

"Wah, ini program ketahanan pangan pak kapolres bisa mengalahkan milik Dinas Pertanian," ucap ketiga petinggi Sumbar itu, saat melihat tanaman pekarangan tersebut, saat berkunjung ke Mapolres di Jalan Pahlawan Payakumbuh.

Kunjungan gubernur Sumbar, Kapolda, dan Danrem ke Payakumbuh, dalam rangkaian launching tiga Kampung Tangguh di Payakumbuh. Bersama Wali Kota Riza Falepi, Bupati Irfendi Arbi, Wakil Wali Kota Erwin Yunaz, Ketua DPRD Hamdi Agus, Dandim 0306/50 Kota Letkol Kav Ferry S Lahe, Kapolres Kota Payakumbuh AKBP Dony Setiawan dan unsur Forkopimda Kota Payakumbuh lainnya.

Ketiga kampung tangguh itu adalah Kubang Gajah di Kelurahan Limbukan, Kecamatan Payakumbuh Selatan, Payobasung di Kecamatan Payakumbuh Timur dan di Kotopanjang di Kecamatan Latina. (Rstp)

Post a Comment

Previous Post Next Post