Peringati HUT Bhayangkara ke 74, Polres Payakumbuh Bagikan Hasil Panen Taman Pangan Terpadu Pada Warga Sekitar


N3 Payakumbuh - Dalam menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke-74 yang jatuh pada 1 Juli 2020, Polres Kota Payakumbuh melaksanakan rangkaian kegiatan bakti sosial. Ratusan paket sembako dibagikan kepada kaum dhuafa yang ada di Kota Payakumbuh di Mapolres, Senin (22/6) sore.

Menariknya, sembako yang dibagikan adalah hasil panen Taman Pangan Terpadu yang berada di halaman belakang Polresta Payakumbuh itu. Pembagian sembako itu tetap mengikuti protokol kesehatan Covid-19 dengan memakai masker dan jaga jarak.

Kapolres AKBP Dony Setiawan didampingi Ketua Bhayangkari Cabang Payakumbuh Meiza Sari, mengatakan dalam menyambut HUT Bhayangkara ke 74 kali ini beberapa rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan seperti donor darah, pembagian bansos, dan kegiatan kemanusiaan lainnya.

"Untuk sembako hari ini, kita juga dibantu setara teknis oleh dinas ketahanan pangan, dan pertanian, kita mendapat bantuan dukungan dari Wali Kota Riza Falepi," kata Kapolres.

Dijelaskan Kapolres Dony, Taman Pangan Terpadu ini meniru konsep Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL). Setiap KK di halaman rumahnya mampu bercocok tanam, meski dengan polyback. Atau membuat kolam ikan dari terpal,

"Nah di kita, ini dipadukan dengan pertanian, peternakan, dan perikanan, disamping menjaga program Polri Peduli Ketahanan dan Kemandirian Pangan, dirangkaikanlah dengan HUT Bhayangkara," ungkap Kapolres.

Kapolres juga menambahkan, hal ini mengajarkan kepada anggota kepolisian bagaimana memanfaatkan lahan yang ada, walaupun sempit sekalipun. Fungsinya guna memenuhi kebutuhan harian saja sudah cukup dengan kebutuhan pangan dari yang ditanam dan dikelola.

"Melalui Bhabinkamtibmas, kita mengajarkan kepada warga untuk harus mandiri menjaga ketahanan pangan, kita tanam apa yang kita makan," jelasnya.

Enzurni (58) warga Kelurahan Tiaka menyebut terharu dengan perhatian Polres Kota Payakumbuh, bahkan bantuan-bantuan sembako tak hanya diterima mereka saat hari besar saja, di tengah pandemi Covid-19 bhabinkamtibmas aktif membantu warga ke rumah-rumah.

"Alhamdulillah, Polres Kota Payakumbuh mantap. Sudah banyak membantu warga yang kesusahan. Kami berharap semoga Bhayangkara semakin jaya dan lebih bagus lagi kedepannya. Selamat HUT Bhayangkara ke 74," ujarnya saat diwawancara media. (Rstp)

Post a Comment

Previous Post Next Post