Pasaman zero (0) pasien Positif Covid-19 pada saat ini.



Pasaman - nusantaranews.net,

Gugus tugas percepatan penanggulangan Covid-19 Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat menyampaikan kabar baik bahwa pasien positif tuan "R" warga Kecamatan Simpati sehat dari Covid-19.

Ketua gugus tugas, Yusuf Lubis melalui juru bicara, Williyam Hutabarat kepada awak media, mengatakan kepastian itu didapat usai menerima hasil tes swab dari laboratorium Unand Padang yang menyatakan Negatif Covid-19.

"Tuan R sudah sehat usai melihat hasil diagnosa dokter yang menyatakan Negatif Covid-19 tadi pagi," terang juru bicara, Williyam Hutabarat kepada awak media, Minggu (10/5/2020) malam.

Tuan "R" kata Williyam Hutabarat mengatakan sudah dijemput ke tempat karantina di Bapelkes Padang tadi siang.

"Tuan 'R' dijemput menggunakan Ambulans gugus tugas Pasaman ke Bapelkes Padang. Barusan kami mendapat informasi tuan R sudah sampai dirumahnya di Kecamatan Simpati Magrib tadi," katanya.

Dengan demikian kata dia saat ini Kabupaten Pasaman zero (0) kasus Covid-19.

"Meskipun demikian masyarakat tetap diminta mengikuti aturan pemerintah dan menjalankan protokol kesehatan yang ada dalam pelaksanaan PSBB tahap II ini demi keselamatan bersama. Rajin cuci tangan, selalu memakai masker, jaga jarak dan jangan mudik. Semoga kita semua dapat terjauh dari pandemi Covid-19 ini," katanya.

Sementara Pelaksana tugas (Plt) Dinas Kesehatan Pasaman, dr. Rahadian Suryanta Lubis mengatakan tuan R, warga Kecamatan Simpati berinsial R (35) dinyatakan positif terinfeksi Covid-19 pada (12/4/2020) lalu.
"Tuan R (35) diketahui memiliki riwayat perjalanan dari negara pendemi yaitu Malaysia yang tiba di Pasaman pada tanggal 17 Maret 2020 lalu. Kemudian pasien juga pernah melakukan kontak sosial dengan pasien yang positif Covid-19 sebelumnya juga warga Kecamatan Simpati inisial Y (43)," katanya.

Setelah dilakukan pemeriksaan oleh Tim gugus tugas mengatakan tuan R (35) tidak memiliki gejala alias Orang Tanpa Gejala (OTG).
"Namun pada tanggal (7/4/2020) lalu dilakukan rapid tes terhadap tuan R di Kecamatan Simpati dan hasilnya positif. Mendapati kondisi itu, tuan R selanjutnya dibawa ke RSUD Lubuk Sikaping untuk pengambilan sampel Swab pada (9/4/2020) lalu," katanya.

Selanjutnya sampel Swab itu langsung dikirim oleh pihak Dinas Kesehatan setempat ke Laboratorium Unand Padang. Hasil Swab dari pihak laboratorium Unand Padang baru sampai ke tim gugus tugas sekitar pukul 23.00 WIB (11/4/2020) lalu. Dari hasil Swab itu tuan R dinyatakan positif terinfeksi Covid-19. (In Psm).

Post a Comment

Previous Post Next Post