159 KPM Desa Luengsa Terima BLT DG, 92 KK Ditalangi 300 Ribu



Aceh Timur-nusantaranews,Pemerintah Desa (Pemdes) Gampong Luengsa Kecamatan Madat Kabupaten Aceh Timur. Jum'at (22/5/2020) membagikan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DG) tahap pertama kepada 159 Keluarga Penerima Manfaat (KPM), masing masing KPM mendapat Rp 600, 000 untuk bulan April 2020, kegiatan itu berlangsung di halaman Kantor Keuchik Luengsa.
Syarbaini Keuchik Gampong Luengsa saat ditemui mengatakan bahwa pembagian BLT tersebut dilakukan pihaknya bersama Tuha Peut (TPG) gampong Luengsa "Pembagian BLT bernilai Rp 600, 000 kepada 159 KK disaksikan Muspika Madat dan perangkat gampong," ujar Keuchik Syarbaini.

Sedangkan 92 KK lagi kita usulkan ke BLT Kabupaten Aceh Timur, lanjutnya. Namun mengingat hari meugang besok. Sabtu (23/5) maka pihak Tuhapeut Gampong Luengsa mengambil kebijakan dengan cara meminjam dana dari pihak ketiga untuk diserahkan kepada 92 KK lagi dengan Rp nilai 300, 000, ujarnya.

Sementara itu menurut Zarkasyi Ketua TPG kebijakan tersebut diambil pihaknya agar tidak terjadi kesenjangan sosial di masyarakat setempat." "Karena DD Luengsa di anggarkan 30 persen tahap pertama untuk bantuan BLT yang berdampak covid-19.  Sehingga untuk 92 KPM pemerintah gampong mengusulkan BLT ke Kabupaten Aceh Timur. Maka kami dari TPG mengambil kebijakan menangani nya untuk sementara, walau kami harus meminjam dan pasang badan pada pihak ketiga," jelas Zarkasyi.

Bantuan  BLT untuk warga Luengsa kita bagikan sesuai petunjuk pemerintah dalam rangka memenuhi kebutuhan ekonomi masyarakat yang terdampak dari COVID-19," terangnya.

Masri Jafar tokoh masyarakat setempat mengapresiasi keputusan dan kebijakan yang di ambil Keuchik dan Tuhapeut gampong tersebut sehingga sebanyak 329 KPM yang berhak mendapat bantuan di gampong tersebut tercover walau tidak sama jumlah nilainya.

"Yang penting total penerima bantuan tetap 329 KK. Sebenarnya jumlah total penduduk gampong Luengsa 622 KK. Tapi setelah dilakukan pendataan sebanyak 78 KK sudah mendapat dari BST, sebagian lagi mendapat BPNT, dan anggota PKH. Sedangkan aparatur gampong dan PNS tidak berhak mendapatkan bantuan tersebut sesuai dengan anjuran pemerintah", ulasnya.

seraya berharap bagi masyarakat yang telah mendapat bantuan ini bermanfaat dan dapat meringankan beban kebutuhan ekonomi nya apalagi menjelang lebaran Idul Fitri,"harapnya.(*)

Post a Comment

Previous Post Next Post