Demi Mencegah Penyebaran, Warga Rela Berjaga Di Pintu Masuk Perkampungan

Beberapa warga rela berjala di pintu masuk desa

Salatiga, nusantaranews.net - Babinsa dan Babinkamtibmas berbincang dengan warga yang menjaga Jalan masuk menuju kelurahan Baran, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang yang ditutup  sementara, Minggu (12/04/2020)

Warga memasang palang menggunakan bambu tepat di tengah gapura masuk dan menuliskan kalimat "Lockdown". Langkah tersebut dilakukan untuk membatasi aktivitas warga demi mencegah penyebaran Coronavirus Disease atau Covid-19
Ketua RT Baran mengatakan, yang dilakukan oleh warganya bukan lockdown dalam arti yang sesungguhnya. Mereka hanya menutup sejumlah akses masuk menuju perkampungan. Menurutnya, untuk menuju Desa Baran memiliki beberapa akses masuk, namun sebagian telah ditutup oleh warga.
"Jadi, cuma ada satu akses masuk ke wilayah ini," Ungkapnya.

Ia menjelaskan, penutupan jalan kampung dilakukan untuk dapat mengantisipasi orang-orang yang datang dari luar dan tidak diketahui. Warga menyisakan hanya ada satu jalan kampung yang dibuka, untuk memudahkan memantau siapa saja yang keluar dan masuk kampung.
Selain itu, dengan ditutupnya sebagian akses jalan menuju perkampungan, pihaknya meminta kepada segenap warga Baran, agar sementara membatasi aktivitas di luar rumah.
"Untuk sementara supaya dirumah saja, kalau tidak ada kepentingan mendesak," Tambahnya.
(m@s/pendimsalatiga)

Post a Comment

Previous Post Next Post