Market Day Ku

By : Ummu Aisyah (Sumiati)

Market Day Ku adalah program yang diselenggarakan oleh STPKU seluruh Indonesia dalam rangka mendidik anak-anak KU agar mengetahui bagaimana sulitnya mencari rizki. Menghargai kerja keras orang tua yang susah payah mencari nafkah untuknya. Berharap menjadi anak-anak yang tidak boros, karena boros temannya setan sebagaimana firman-Nya :

إِنَّ ٱلْمُبَذِّرِينَ كَانُوٓا۟ إِخْوَٰنَ ٱلشَّيَٰطِينِ ۖ وَكَانَ ٱلشَّيْطَٰنُ لِرَبِّهِۦ كَفُورًا ﴿٢٧﴾

"Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudara-saudara syaitan dan syaitan itu adalah sangat ingkar kepada Tuhannya."

(Q.S.Al Israa'':27)

Begitupun anak-anak akan mengambil pelajaran dari Market Day ini terkait pelajaran matematika. Anak-anak menghitung modal yang dikeluarkan kemudian menghitung hasil penjualan, berikutnya akan diketahui untung yang ia dapatkan. Selain itu anak-anak juga akan mengambil ibroh, berani interaksi dengan pembeli, menawarkan dagangan bahkan menolak atau memutuskan menyetujui penawaran lebih murah dibandingkan dengan harga yang ditetapkan. Inilah pembelajaran di Khoiru Ummah yang disebut talaqiyan fikriyan.

Hari ini, Jumat 06 Maret 2020, STPKU Rancaekek Bandung Jawa Barat menggelar acara Market Day Ku demi mewujudkan pendidikan di atas. Sebagai bekal mereka, kelak jika mereka terjun di masyarakat. Beberapa hari sebelumnya sudah disosialisasikan kepada orang tua murid terkait program ini. Tema Market Day Ku kali ini mengangkat tema *Makanan dan Minuman Tradisional Nusantara* dan siswa yang sudah dikelompokkan hanya boleh menyajikan 1 macam makanan khas Nusantara. Kemudian mereka diminta oleh panitia agar menampilkan busana unik dalam acara Market Day Ku kali ini.

Tepat pukul 09.00 Market Day Ku dimulai setelah tahfidz dan shalat dhuha. Semua anak-anak menyiapkan makanan dan minuman yang akan dijual. Tertata rapih di atas meja plus aksesorisnya, satu jam berlalu aktivitas jual beli. Setiap kelompok menyiapkan tester untuk dicicipi juri. Berbagai makanan dan minuman, ada teh tarik, pempek, kue talam, kue sus, bolu kukus, colenak, rujak, nasi bakar, kue bika, bakwan udang, dan lain-lain. Semua laris terjual tak tersisa, alhamdulillah barakallaah shalih shalihahKU. Semoga Market Day Ku kali ini berkah untuk antum antunna, kenangan terindah bagi kelas 6 yang sebentar lagi lulus. Salam semangat berjuang untuk antum antunna Fursan, Zidan, Santun, Zahra, Hana, Jayyid, Daffa, Ghazi, Lulu, Fathir. Semoga aktivitas ini menjadi bekal dasar bagi generasi sahabat milenial *Abdurrahman bin Auf* masa depan. Barakallaah.

Yang terakhir adalah pembagian hadiah bagi pemenangnya.
Kategorinya : Kelompok terenak, terunik, terkreatif, terkompak, terlaris. Alhamdulillah semua anak-anak begitu bahagia. Apalagi ketika penghitungan untung dan pembagian hadiah. Kami sebagai guru sangat bangga kepada antum antunna. Pukul 13.00 seba'da shalat jumat anak-anak pun pulang lebih awal setelah acara Market Day Ku ini. Yang tersisa 10 orang kelas 6 yang akan menjalani takhosus hingga ahad pukul 07.00.
Wallahu a'lam bishshawab.

Post a Comment

Previous Post Next Post